• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Boikot Hasil Porprov, Kontingen Samarinda Absen Dalam Penutupan Porprov VI Kaltim

12 December
16:52 2018
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda: Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Samarinda menggelar konfrensi pers pada Rabu siang. Dalam konfrensi pers yang langsung dipimpin oleh ketua KONI Samarinda, Ade Sukma Yudi mengatakan bahwa kontingen Samarinda akan absen dalam defile acara penutupan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Kaltim yang dilaksanakan Rabu (12/12/2018) malam di Stadion Kudungga, Sangatta. 


"Kontingen Samarinda tidak ikut defile dalam penutupan Porprov VI Kaltim. Karena kontingen sudah pulang ke Samarinda kloter terakhir jam 1 siang tadi. Kami sampaikan permintaan maaf kepada tuan rumah, karena kontingen Samarinda sudah meninggalkan Kutai Timur. Terlepas dari itu, biar teman-teman yang menilai seperti apa," Ketua KONI Samarinda, Ade Sukma (12/12/2018). 


Dalam konfrensi persnya, Ade juga menyampaikan apresiasinya kepada pihak Panitia Besar (PB) Porprov yang telah melaksanakan event 4 tahunan itu dengan baik. Menurutnya pelaksanaan sudah berjalan dengan baik, hanya saja ada beberapa hal yang menjadi catatan penting bagi KONI Samarinda. 


"Secara umum berjalan dengan baik, kami cukup memahami beberapa kendala kecil. Namun, ada beberapa catatan yang perlu menjadi pemikiran bersama dalam Porprov VI Kaltim ini. Jika pun Porprov sudah ditutup secara resmi menurut kami, Porprov ini masih koma, belum titik," Ade Sukma. 


Lebih lanjut Ade sukma juga menyebutkan, bahwa akan ada langkah yang akan mereka tempuh dengan hasil Porprov kali ini. Namun hal tersebut dilakukan setelah nantinya diskusi bersama dengan beberapa pihak, dan tentu saja setelah hasil Porprov diumumkan. Setelah PB Porprov sudah mengeluarkan SK (surat keputusan) penetapan juara umum dalam Porprov ini. Opsi-opsi itu bisa semua terjadi, tidak hanya kontingen Samarinda, mungkin yang lain juga.


Perubahan drastis terjadi dalam perolehan medali, pada awalnya Samarinda kokoh berada dipuncak klasemen perolehan medali, namun mendekati akhir pelaksanaan penutupan Porprov, Samarinda harus rela turun ke posisi kedua setelah tuan rumah Kutim menyusul dipuncak perolehan medali, perubahan drastis ini terjadi setelah cabor wushu dan muaythai berakhir, yang memang pelaksanaannya diakhir Porprov. 


Menanggapi hal tersebut, Ade Sukma mengatakan bahwa kita semua bisa melihat dengan seksama sebuah drama Porprov yang kita tonton bersama. Ada indikasi atau tidak itu tadi, potensi hasil Porprov yang masih akan kita diskusikan. Lompatan angka itu, teman-teman bisa menilai.


Tambahnya lagi, Ade menegaskan bahwa kontingennya pulang ke Samarinda dengan membusungkan dada. Menurutnya, Samarinda adalah pemenang dalam Porprov kali ini, namun dirinya tetap menghargai Kutim selaku tuan rumah. 


"52 cabor, seluruh atlet, pelatih, dan official telah berjuang dengan sangat luar biasa, menghantarkan Samarinda menjadi pemenang sejati. Kami pulang dengan membusungkan dada, para atlet telah membuktikan itu. Kita apresiasi pelaksanaan, hanya ada beberapa catatan saja," jelasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00