• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintahan

6 Perusahaan di Kaltim Raih Penghargaan Siddhakarya 2018

12 December
12:00 2018
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur memberikan penghargaan Siddhakarya tahun 2018 kepada 6 perusahaan kategori usaha menengah, dan usaha kecil di Kaltim, Sejumlah perusahaan tersebut dinilai memiliki produktivitas yang baik. 

Keenam UMKM penerima penghargaan tersebut adalah dari Kategori Menengah : PT EraMart Samarinda jenis Usaha Retail, PT Kangaroo Lintas Nusantara Samarinda Jenis Usaha Transportasi ,dan Panglima ROQIIQU Group Samarinda Jenis Usaha Pengolaan Makanan.

Sedangkan Kategori Kecil : CV. Azra Sentosa Jaya Balikpapan, BDS Snack Balikpapan keduanya merupakan Jenis Pengelolaan Makanan, Serta Tirta Mitra Sejati Samarinda  Jenis Air Minum Dalam kemasan.

“Pemprov mengapreasi Penghargaan Siddhakarya hal ini sebagai rangkaian Proses Formal  yang perlu di berikan kepada para pengusaha maupun UMKM di Kaltim, namun penghargaan ini harusnya menjadi pelecut bagi Para perusahaan untuk bekerja keras menjadi lebih baik dari sisi Produktivitas dan meningkat kesejahteraan bagi para pekerjanya,” ujar Wakil Gubernur Hadi Mulyadi, usai Penutupan Pelatihan   Pemagangan Dalam Negeri dan Penyerahan Penghargaan Produktivitas Siddhakarya Provinsi Kaltim di ruang ruhui Rahayu Kantor Gubernur, Rabu, (12/12/2018).

Hadir pada acara tersebut Eko dwiyanto perwakilan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (disingkat Ditjen Binalattas) Kemnaker RI, Ia mengatakan penghargaan Siddhakarya ini menjadi perbaikan kualitas SDM dan pengembangan Produktivitas perusahaan sehingga dapat pertukaran yang dapat di implentasikan kepada tenaga kerja mereka.

berdasarkan 8 indikator penilaian yang meliputi kepemimpinan dan kemampuan manajerial, perencanaan strategis, fokus sumber daya manusia, fokus pelanggan, informasi dan data analisis, manajemen proses, hasil usaha, serta produktivitas.

Ia juga menambahkan supaya sejumlah perusahaan peraih penghargaan tersebut tidak cepat berpuas diri dan terus meningkatkan produktivitas.

“Jangan berpuas diri dan lebih giat lagi menciptakan produk-produk unggulan Kaltim,” katanya.

Para pelaku usaha tersebut harapannya bisa menjadi pionir dalam pengembangan perusahaan di masa depan. Keenam pemenang itu juga akan mendapatkan pembinaan lanjutan dalam rangka memperebutkan penghargaan tingkat nasional (Paramakarya) tahun 2019.

Menurut Eko,Penghargaan Siddhakarya merupakan penghargaan produktivitas tingkat provinsi yang diberikan oleh gubernur setiap dua tahun sekali pada tahun genap. Sedangkan penghargaan Paramakarya merupakan penghargaan produktivitas tingkat nasional yang diberikan oleh Presiden Republik Indonesia setiap dua tahun sekali pada tahun ganjil.

Sementara itu dalam rangkaian pemberian penghargaan Siddhakarya Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Tranmigarasi Kaltim Abu Helmi mengungkapkan, bekerja sama dengan Kemnaker RI bekerja sama dengan Pemprov member pelatihan dan Pemagangan Dalam negeri kepada 440 Orang melibatkan lembaga Pelatihan Kerja Swasta dan Perusahaan, dan Pemagangan ini dilaksanakan selama 20 hari.

Menurut Abu Helmi peserta yang mengikuti program pemagangan Dalam negeri sebanyak 346 orang atau 80.91% sudah di tempatkan dan bekerja di masing masing perusahaan  yang memerlukan Skill atau kemampuan para pekerja Magang tersebut.(Ridzki)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00