• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintahan

BKKBN Berikan Kuliah Umum Bonus Demografi ke Mahasiswa Unmul

10 December
14:30 2018
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Mulawarman Samarinda tentang pemanfaatan peluang bonus demografi melalui peran perguruan tinggi dalam mendukung Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang berlangsung di gedung serbaguna FEB, Senin (10/12/2018).

Hadir sebagai pemateri dalam kuliah umum tersebut, Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan (Lalitbang) BKKBN RI Rizal Damanik menekankan kepada para mahasiswa untuk dapat mampu bersaing di era bonus demografi, sebab bonus demografi merupakan suatu fenomena dimana struktur penduduk sangat menguntungkan dari sisi pembangunan, karena jumlah penduduk usia produktif lebih banyak ketimbang jumlah penduduk usia non produktif.

Tentunya hal ini juga harus diiringi dengan kesehatan yang baik, terutama dirinya meyoroti masalah stunting yang masih tinggi angkanya di beberapa daerah Indonesia.

“Persiapan-persiapan kondisi tertentu yang harus di manfaatkan, salah satunya yang akan saya tekankan adalah masalah stunting karena BKKBN dikaitkan juga tugasnya tentang penyakit ini. Kalau kita sudah berbicara stunting ini tentunya juga akan berpengaruh pada era bonus demografi, karena gini kalo banyak yang kena stunting di Indonesia kan percuma punya banyak SDM yang sakit”kata Rizal.

Selain itu persoalan lainnya yang di hadapi dalam menyongsong era bonus demografi, Rizal menyebutkan seperti permasalahan pernikahan dini yang menjadi masalah utama di beberapa daerah dan juga peredaran narkoba yang masih menghantui generasi muda tanah air.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00