• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi dan Bisnis

Tidak Semua Perusahaan Di Kubar Bayar Gaji Karyawan Sesuai UMK

7 December
16:03 2018
0 Votes (0)

KBRN, Sendawar: Upah Minimum Kabupaten (UMK) merupakan standart yang harus dipenuhi oleh setiap Perusahaan Swasta ditiap Kabupaten dan Kota di Indonesia, untuk membayar gaji karyawan.

Namun tidak demikian dengan Kabupaten Kutai Barat (Kubar), dimana masih ada perusahaan swasta yang tidak mengikuti standart tersebut. demikian dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kubar Silan kepada RRI Sendawar, Jumat (7/12/2018).

“Memang berdasarkaan laporan dari Apindo, tidak semua perusahaan melaksanakan UMK, karena situasi keuangan mereka yang tidak memungkinkan, jadi mereka sifatnya kesepakatan antara pekerja dan perusahaan, namun tidak jauh menyimpang dari UMK. Seperti Subkon yang kecilkan tidak mampu mereka. Jadi memang yang kita fokuskan sektor perkebunan dan pertambangan yang harus laksanakan UMK.”ungkapnya.

Kendati demikian, Silan berharap, perusahaan swasta di Kutai Barat tetap mengacu pada standrt upah tersebut, apalagi yang sifatnya permanen dalam mempekerjakan karyawan, karena jika sifatnya harian dan itu berdasarkan kesepakatan seperti yang dilakukan perusahaan kecil, masih bisa di maklumi.

Seperti diketahui, standart UMK Kabupaten Kutai Barat tahun 2019 telah ditetapkan sebesar Rp3.050.000 atau sedikit lebih tinggi dari UMK tahun 2018 sebesar Rp2,7 juta.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00