• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Revolusi 4.0 Jadi Tantangan Bagi Pendidikan Di Kaltim

28 November
07:45 2018
0 Votes (0)

KBRN, SAMARINDA : Dunia pendidikan Kalimantan Timur (Kaltim) harus mampu menjawab tantangan revolusi industry 4. 0 yang semakin ketat. Mengingat infrastruktur pendidikan di daerah ini masih sangat tertinggal dengan daerah lain, sementara Kaltim yang terkenal dengan Sumber Daya Alam  (SDA) yang melimpah, kini hampir punahdan terkikis dari harapan masa depan.

Sekertaris Dewan Pendidikan Kaltim Joko Iriandono menyebutkan konsentrasi Pemerintah saat ini terhadap revolusi industri 4.0 sangat fokus. Karena jika Kaltim tidak siap dengan langkah pemerintah pusat itu, maka ketinggalan akan sumber daya manusia akan terus  menjadi masalah, selain intrastruktur, fasilitas pendidikan dan penyebaran guru yang tidak merata, serta banyaknya guru yang mengajar yang tidak linier.

“Sekarang toko-toko sepi, orang beralih ke internet, orang pergi keluar Kaltim tidak perlu lagi datang ketervel, semua mengunakan digital, apakah Kaltim ini siap, dalam menciptakan SDMnya dan kualitas guru yang kini mengajarkan kepada siswa terkait dengan tantangan dunia di jaman 4.0,” Katanya kepada RRI, Rabu (28/11/2018).

Harus di pahami oleh Masyarakat dan pemangku kepentingan di Daerah  apa yang dimaksud dengan revolusi industri 4.0 serta tujuan dari adanya industri  sejatinya revolusi industri ini dimulai sejak zaman Pemerintahan Hindia-belanda. saat itu, revolusi industri pertama hadir dalam konteks steam engine atau mesin uap.

Kemudian revolusi industri kedua pada saat otomotif general fort mebuat line production Indonesia masih hinda-belanda. nah revolusi industri ketiga diawali di tahun 90-an itu dengan mulai otomatisasi dan pada watu itu terjadi globalisasi.

Kini kita sudah masuk tahapan revolusi industri dengan tingkatan ke empat yang semuanya serba mesindan robot untuk menyelesaikan sebuah kegiatan pekerjaan, apakah kaltim siap dengan hal itu.

  • Tentang Penulis

    Rudi Mulyadi

    Lahir di Long Iram, 28 Nopember 1978 <br /><br /><br /><br /><br />

  • Tentang Editor

    Rudi Mulyadi

    Lahir di Long Iram, 28 Nopember 1978 <br /><br /><br /><br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00