• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Kaltim Masih Kekurangan Guru Mata Pelajaran

4 November
06:59 2018
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Minimnya tenaga pendidik di daerah pedalaman perbatasan dan kawasan terpencil di Kalimantan Timur, merupakan kendala utama dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah ini, guru mata pelajaran eksakta  seperti matematika dan sejarah, hal tersebut di katakan Norhayati wakil kepala sekolah bidang kurikulum SMA 2 Sebulu Kutai Kartanegara.

Selama ini untuk mengatasi kekurangan guru di sekolahnya, dengan mata pelajaran tersebut, akan di ambil alih oleh guru yang bukan sepesialis mengajar atau keahliannya di bidang tersebut, paling tidak guru senior, atau kepala sekolah.

“Untuk yang eksak, matematika, kemudian yang IPS itu sejarah, kalau kelas sepuluhnya 42 jam selama sebulan, kalau kelas sebelas dan kelas dua belas, 44 jam, ini yang harus di tempuh siswa untuk di ajarkan mata pelajaran, sementara kekurangan guru tersebut, belum penah teratasi selama ini, bahkan kepala sekolah pun harus mengambil alih untuk mengajar”

Untuk pelajaran IPS seharusnya siswa mendapatkan mata pelajaran tentang pengetahuan sosial seperti sejarah, akan di tempuh empat puluh jam selama sebulan, kendala utamanya adalah belakangan  ini, pelajaran tersebut seperti IPS  tidak bisa tercapai secara utuh, sementara untuk pelajaran matematika juga demikian.

Mestinya kekurangan guru ini, tidak menjadi kendala utama terkait dengan meningkatkan kualitas pendidikan di Kalimantan Timur. (rd)

  • Tentang Penulis

    Rudi Mulyadi

    Lahir di Long Iram, 28 Nopember 1978 <br /><br /><br /><br /><br />

  • Tentang Editor

    Rudi Mulyadi

    Lahir di Long Iram, 28 Nopember 1978 <br /><br /><br /><br /><br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00