• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

BI : Guru Paud Wajib Paham Pendidikan Keuangan

29 August
10:47 2018
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Dalam upaya meningkatkan literasi pendidikan keuangan sejak dini bagi para guru sebagai pion utama dalam membentuk karakter pengetahuan, Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI) bersama Bank Indonesia menggelar Workshop Edukasi Keuangan Anak Usia Dini bertemakan "Dedikasi Untuk Negeri" yang berlangsung di Hotel Bumi Senyiur Kota Samarinda , Rabu (29/8/2018) bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se Kaltim.

Seusai membuka acara, Kepala Kantor Pewakilan Wilayah Bank Indonesia (KPW-BI) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Nur menyebutkan pemberian edukasi keuangan bagi kaum pendidik ini juga merupakan suatu upaya BI dalam menjaga stabilitas keuangan daerah, mengingat kaum pendidik merupakan penyambung lidah pagi para pelajar sebagai generasi muda.

Menurut Nur hal ini sangat penting dalam seluruh aspek perekonomian dengan diimbangi sumber daya manusia (sdm) yang berkualitas.

"Sebenarnya memang kami Bank Indonesia ini konsen terhadap pembangunan sumber daya manusia karena kita menyadari itu sangat penting sekali untuk semua aspek baik ekonomi dan lainnya, sebab dukungan sdm yang berkualitas merupakan syarat mutlak untuk negara ini maju yang dimulai dari tingkat paud"kata Nur.

Sementara itu Direktur Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI) Winarti Sukaesih mengatakan keberadaan Paud di Kaltim sudah menjamur, bahkan Kota Samarinda sudah Memiliki Paud di tingkat RT, namun menurut Winarti Paud tersebut harus memiliki akreditasi sehingga pendidikan yang diberikan memiliki standarisasi yang baik.

"Jadi jangan hanya banyaknya tapi harus memberikan pendidikan yang baik, karena anak-anak kalau saja sudah salah diajarkan dari kecil akan bahaya nantinya kedepan hingga dia dewasa"ujar Winarti.

Winarti juga menjelaskan, literasi keuangan di lingkungan keluarga dan sekolah diakui masih tabu, sehingga dirinya berharap dari 200 Guru Paud yang mengikuti kegiatan ini dapat menularkan ilmu keuangan kepada anak didiknya nanti.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00