• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pendidikan

Kota Samarinda Kekurangan Tenaga Guru

21 May
14:02 2018
0 Votes (0)

KBRN, Samarinda : Salah satu persoalan krusial pendidikan di Kota Samarinda ialah kurangnya tenaga pendidik dan kependidikan.

Ketua PGRI Kota Samarinda Harimurti di Samarinda menyatakan hampir di seluruh jenjang pendidikan Sekolah Negeri di Kota Samarinda mengalami kondisi kekurangan guru. Terutama di jenjang SMK Negeri menurutnya banyak guru yang sudah memasuki masa pensiun namun tidak segera disiapkan pengganti.

Bahkan beberapa sekolah di Ibukota Provinsi Kalimantan Timur itu ada yang jumlah guru PNS nya lebih sedikit dibanding jumlah guru honorer.

“Di Samarinda jumlah guru berkurang secara massif. Terutama guru-guru di SMK banyak yang pensiun, di SD juga kurang. Sementara tidak ada pengangkatan. Jadi wajar saja kalau ada sekolah yang terpaksa harus mengangkat guru secara mandiri,” kata Harimurti kepada RRI Senin (21/5/2018).

Meski begitu proses belajar mengajar tegas Harimurti tidak boleh berhenti. Sehingga ia memahami jika banyak sekolah yang akhirnya mempekerjakan guru honorer untuk menutupi kekurangan tenaga guru. Kedepan, pemerintah harus memberi perhatian lebih terhadap kondisi ini. Bila tidak maka pendidikan sekolah negeri yang berkualitas di Kota Samarinda akan sulit terwujud mengingat peningkatan kualitas dan kuantitas guru tidak pernah diprioritaskan.//Ag

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00