• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

CILACAP

Lapuk, Atap Rumah Nenek 70 Tahun Ambruk

26 February
20:04 2020
1 Votes (5)

KBRN, Cilacap : Rasmi (70) warga Dusun Aria RT 2 RW 6 Desa Bingkeng Kecamatan Dayeuhluhur harus dirawat di Puskesmas, karena mengalami luka di tubuhnya. Akibat rumah yang didiaminya selama ini ambruk pada Rabu (26/2/2020).

Nenek ini mendapatkan perawatan serius, karena mengalami luka robek di punggung kaki sebelah kanan, sehingga harus menerima 10 jahitan. Selain itu juga mengalami memar pada bagian punggung kaki kiri.

Camat Dayeuhluhur Hari Winarno mengatakan jika ambruknya rumah Rasmi dikarenakan sudah lapuk. Rumah Rasmi ambruk sekitar pukul 03.30 WIB.

“Kondisi rumah yang sudah lapuk dimakan usia, disamping itu  kurang perawatan, sehingga rumah dengan ukuran kurang lebih 6x7 meter, ambruk,” katanya.

Pada saat kejadian, Rasmi berada di dalam rumah sehingga mengalami luka di kaki. Diperkirakan kerugian mencapai Rp 50 juta.

Personel Polsek Dayeuhluhur, Koramil 17 Dayeuhluhur dan SatPol PP Dayeuhluhur bersama warga bekerja bakti membersihkan material bangunan yang ambruk. Pihak pemerintahan Desa Bingkeng maupun kecamatan melaporkan kejadian tersebut ke UPTD BPBD Majenang dan Dinas Instansi terkait untuk penanganan lebih lanjut.

Sementara itu, di Kecamatan Jeruklegi, Hujan deras yang terjadi pada Selasa (25/2/2020) menyebabkan tanah longsor yang menimpa rumah warga di Dusun Pasren Desa Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi pada Rabu (26/2/2020) sekitar pukul 08.45 WIB.

Material longsoran menimpa rumah Nur Hidayat pada bagian belakang, yang merupakan kandang ayam. Selain itu  beberapa pohon milik Nur Hidayat juga ikut tertmpa longsor, seperti pohon duren, cempedak, jambu dan manga.

Kasi Trantibum Kecamatan Jeruklegi Syihab Alfaritsi mengatakan jika pihaknya bersama UPT BPBD Cilacap, perangkat desa sudah melakukan pengecekan ke lokasi kejadian. Serta melaksanakan kerjabakti untuk membersihkan material longsoran.

“Kami juga menghimbau kepada pemilik rumah untuk tetap waspada dalam beraktifitas,” katanya.

Untuk mencegah terjadinya longsoran kembali, diperlukan beronjong dan juga material serta pohon akar wangi untuk menahan longsoran. (RT)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00