• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

CILACAP

Cegah Longsor Susulan, Jalan Surusunda-Pamulihan Akan Dipasang Pancang Bambu

26 February
19:50 2020

KBRN, Cilacap : Hujan dengan intensitas tinggi yang menerjang Kecamatan Karangpucung pada Jumat 21/2/2020),  mengakibatkan Jalan Kabupaten di ruas jalan Surusunda-Pamulihan Karangpucung mengalami longsor. Saat ini, jalan menyisakan selebar 1,5 meter.

Camat Karangpucung Martono mengatakan longsoran berada di lokasi tanjakan Cirelang Desa Surusunda. Hampir separuh ruas jalan yang mengalami longsor dengan panjang sekitar 12 meter.

“Jalan ini menghubungkan dua kecamatan, Cimanggu –Karangpucung dan tembus ke Bumiayu Kabupaten Brebes,” katanya.

Adanya longsoran ini, menyebabkan terganggunya mobilitas warga, terutama pengguna kendaraan roda empat. Meski masih bisa melewati jalan tersebut, akan tetapi harus keluar  badan jalan. Sehingga sangat berisiko, karena bahu jalan masih berasal dari tanah.

Martono mengatakan jika sudah dilakukan rapat koordinasi dengan dinas teknis terkait dan juga relawan, untuk melakukan penanganan darurat sementara. Dengan pemasangan pancang bambu, sebagai penahan jalan tersebut. Pasalnya masih berpotensi terjadi longsoran yang bisa menyebabkan putusnya jalan tersebut.

“Dikhawatirkan jika ada hujan deras lagi, jalan akan putus total, sehingga atas petunjuk Pak Sekda, untuk dirapatkan dengan dinas teknis dan gabungan dan disepakati untuk penanganan pra permanen, dengan membuat tiang pancang bambu,” katanya.

Pembuatan, akan mengerahkan alat berat milik BPBD Cilacap, serta menggunakan milik Dinas PUPR, serta, dari BKPH Majenang akan membantu operasional BBM.

Kerjabakti pemasangan pancang bambu ini akan dilaksanakan pada Sabtu (29/2/2020) sampai Senin (2/3/2020). Dengan melibatkan unsur TNI, Polri, BPBD, relawan dan juga masyarakat.  

Martono menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada ketika melewati jalan tersebut. Terutama ketika hujan lebat terjadi.

Untuk sementara, saat ini  dengan membuat rambu-rambu, agar masyarakat yang lewat untuk memperlambat kecepatan pada saat berkendara. Agar mencegah terjadinya korban akibat tidak mengetahui adanya jalan yang amblas. (RT)

00:00:00 / 00:00:00