• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

CILACAP

Ketua PBNU Sebut Pesantren Sudah Terapkan Merdeka Belajar Sejak Dulu

22 February
10:11 2020
2 Votes (5)

KBRN, Cilacap : Pesantren telah melaksanakan program Merdeka Belajar jauh sebelum Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim melaunching program tersebut kepada publik. Hal tersebut diungkapkan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Dr. H. Marsudi Syuhud saat kunjunganya ke Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap, Kamis (21/2/2020).

Dirinya menyebut pendidikan di pesantren sebagai pendidikan yang merdeka dan tidak pernah terganggu oleh situasi apapun. Dirinya bersyukur seorang menteri mampu menerapkan kebijakan kyai yang telah dilaksanakan sejak puluhan abad lalu.

“Pesantren itu merdeka dan super merdeka, tidak pernah terganggu situasi apapun. Dibantu maupun tidak dibantu oleh pemerintah faktanya dari ratusan tahun yang lalu tetap masih hidup,” tegasnya

Marsudi menambahkan, PBNU memiliki program yang akan terus berkembang dan berjalan salah satunya mengenai dunia pendidikan. Dirinya merinci, saat ini NU memiliki lebih dari 45 ribu SD, MI, SMP, Madrasah, Sanawiyah, dan Aliyah, 147 Sekolah Tinggi dan Universitas, 23.664 Pondok Pesantren, dan 127 Rumah Sakit.

Dirinya melanjutkan, Kunjunganya ke UNUGHA dilaksanakan dalam rangka memberikan informasi dan pembinaan terkait peningkatan akademis dan wawasan akademis universitas. Selain itu, kunjungan juga bertujuan melakukan koordinasi antara PBNU dengan lembaga-lembaga yang ada di bawahnya. (Yn)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00