• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

CILACAP

Keluar Nusakambangan, Tiga WNA Dideportasi Kantor Imigrasi Cilacap

21 February
12:46 2020

KBRN, Cilacap : Kantor Imigrasi Kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Cilacap mendeportasi tiga warga Negara asing (WNA). Mereka dikenakan tindakan administratif keimigrasian karena baru saja selesai menjalani masa hukuman dari Lembaga Perasyarakatan di Nusakambangan.

Tiga WNA tersebut yakni, Sohrab Jehouni WNA asal Iran, yang baru saja selesai menjalankan masa hukuman di Lapas Kembang Kuning Nusakambangan, Faradin Fadaeipa WNA asal Iran yang sebelumnya menjadi warga banana di lapas Permisan Nusakambangan. Selanjutnya, Ronald Ngozi Igbojike WNA asal Nigeria, yang baru keluar dari Lapas Kembang Kuning Nusakambangan.  

Kepala Seksi Informasi dan Sarana Komuniksi Keimigrasian Kantor Imigrasi Cilacap Yan Edo Supomo mengatakan jika pemulangan untuk Sohrab dilakukan pada hari Selasa (18/2), sedangkan Ronald dideportasi pada Kamis (20/2) malam. Sedangkan sisanya akan dipulangkan Jumat ini.

“Jadi mereka sudah selesai menjalani masa hukumannya, dan Kita Pulangkan ke negara asal,” ujarnya.

Deportasi dilakukan setelah WNA tersebut mendapatkan travel dokumen dari kedutaan Negara masing-masing. Pasalnya mereka tidak memiliki dokumen. Semua biaya pulang ditanggung oleh keluarga masing-masing melalui negaranya. 

“Kita buatkan dokumen perjalanan dulu dengan berkoordinasi dengan kedutan, sebagai surat jalan,” katanya.

Untuk memastikan WNA tersebut kembali ke negaranya, semua proses dilakukan pengawalan oleh petugas dari Seksi Inteldakim Kantor Imigrasi Cilacap. Pengawalan dilakukan sampai berangkat melalui Bandara Soekarno Hatta Jakarta. (RT)

00:00:00 / 00:00:00