• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

Bukan Hanya Dua, Banyumas Diwacanakan Mekar Menjadi Tiga Daerah Otonom

18 February
07:45 2020

KBRN, Purwokerto : Kabupaten Banyumas diwacanakan untuk mekar menjadi tiga daerah otonom. Hal tersebut diungkapkan Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Rencana Pemekaran Wilayah Kabupaten Banyumas, Senin (17/2/2020). Husein mengatakan, idealnya Banyumas dbagi menjadi 3 wilayah yakni Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Banyumas Barat.

“Jika Banyumas hanya dibagi menjadi dua, daerah seperti Wangon, Ajibarang, dan Lumbir akan semakin jauh dari pusat pemerintahan,” katanya.

Namun, wacana tersebut masih terkendala karena dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kabupaten banyumas hanya mengamanatkan pemekaran Banyumas menjadi dua wilayah. Dalam wacana terbaru, berdasarkan pertimbangan konsultan, kewilayahan dan jumlah penduduk pemekaran Banyumas menjadi tiga wilayah tidak ada masalah.

Menanggapi pernyataan Bupati tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Banyumas, dr Budhi Setiawan menjelaskan, RPJP Kabupaten Banyumas dapat diubah melalui sidang paripurna. Dalam sidang tersebut dapat diagendakan perubahan  Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan instrumen lainya.

Meski demikian, dirinya menyoroti kesimpulan dari kajian sebelumnya yang tidak konsisten. Menurutnya perlu dilakukan kajian ulang yang lebih spesifik mengenai penduduk, wilayah, aset, dan calon pusat pemerintahan kabupaten.

“Jika kajianya bisa lebih lengkap diharapkan tahun 2024 nanti sudah ada kepastian mengenai wacana pemekaran,” ungkapnya. Dirinya berpesan, rencana pemekaran wilayah Banyumas tetap harus mengedepankan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat di daerah otonom yang baru.

Rencananya pemekaran Kabupaten Banyumas menjadi tiga dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama pemekaran membagi Banyumas menjadi dua wilayah yakni Kota Purwokerto dan Kabupaten Banyumas. Lalu tahap kedua membagi Kabupaten Banyumas menjadi Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Banyumas Barat. (Yn)

00:00:00 / 00:00:00