• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

CILACAP

Sensus Penduduk Dimulai, Wabup Cilacap Ajak Masyarakat Mencatatkan Secara Mandiri

17 February
20:52 2020

KBRN, Cilacap : Pelaksanaan sensus penduduk secara  online sudah dimulai sejak 15 Februari 2020 sampai 31 Maret mendatang. Badan Pusat Statistik Kabupaten Cilacap terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk melakukan sensus secara mandiri.

Sensus penduduk ke-7 ini dilaksanakan berbarengan dengan 54 negara lainnya di Dunia. Dengan tujuan Untuk mengetahui jumlah penduduk, distribusi penduduk, karkteristik penduduk, komposisi penduduk mulai dari tingkat pendidikan, pekerjaan dan lainnya. 

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman mengaku jika sudah mencatatkan data kependudukannya pada sensus penduduk sejak hari pertama pelaksanannya. Dengan menggunakan ponselnya, Wabup telah mencatatkan data kependudkan dari keluarganya secara online. 

“Sudah, kemarin hari pertama. Sekali lagi ini bukan kegiatan BPS tetapi ini adalah kewajiban masyarakat seluruh Indonesia, khususnya Cilacap untuk mencatatkan diri,” katanya usai Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 di Favehotel Cilacap, Senin (17/2/2020).

Untuk itu, wabup menghimbau kepada masyarakat, untuk mencatatakan diri pada sensus penduduk, secara mandiri. Apalagi sebagian besar  masyarakat sudah melek teknologi, memiliki gadget, sehingga bisa mengakses aplikasi sensus penduduk ini. 

“Sensus Penduduk dilaksanakan dengan dua metode, secara online dan wawancara. Kini sebagian besar masyarakat sudah melek teknologi, harapannya masyarakat bisa mengisi sendiri, sehingga ketika nanti offline tidak terlalu berat, hanya menyempurnakan yang belum,” katanya. 

Wabup juga mengatakan, ketika menjadi satu data kependudukan terintergasi, maka bisa dijadikan acuan pemerintah dalam membuat kebijakan yang tepat sasaran. Terutama dalam pengentasan kemiskinna. 

Ketua Bidang Sosialisasi dan Publisitas di BPS Cilacap Ahmad Purnomo mengatakan jika BPS selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat, dimulai melalui rapat koordinasi tingkat Kabupaten Cilacap, senam di Pantai Teluk Penyu dan kegiatan lainnya. Diharapkan, sosialisasi bisa menjangkau ke seluruh masyarakat, terutama generasi muda yang terbiasa menggunakan gadget.

“Harapannya, pada sensus penduduk secara online ini bisa mencapai progress yang diinginkan, tentu menjangkau generasi muda yang biasa menggunakan gadget, karena mereka yang diharapkan bisa membantu update data keluarganya melalui sensus online ini,” katanya. 

Dikatakan untuk melakukan sensus penduduk secara online, masyarakat hanya perlu menyiapkan gadget berjaringan internet, dan membuka halaman sensus.bps.go.id melaui gadget dan memasukkan nomor induk kependidikan dan nomor kartu keluarga, kartu menikah atau cerai. Selanjutnya mengisi sesuai yang ada pada aplikasi tersebut. (RT)

00:00:00 / 00:00:00