• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

CILACAP

Gangguan, Listrik di Wilayah Cilacap dan Kebumen Padam

11 February
13:44 2020

KBRN, Cilacap : Gangguan listrik terjadi di wilayah Jawa Tengah bagian Selatan, khususnya di Cilacap dan juga Kebumen. Bahkan gangguan juga meluas ke beberapa wilayah lainnya, seperti di Purwokerto, dan beberapa daerah di Purbalingga, Purworejo, Temanggung dan Wates.

Gangguan berada di Saluran Utama Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 KV Pedan-Kesugihan. Menyebabkan gardu induk Semen Nusantara, gardu induk Lomanis, Kesugihan, Gombong, dan gardu Induk Kebumen hilang tegangan.

Manajer Keuangan, SDM UP3 Cilacap Andi Suryo Wibowo mengatakan jika gangguan mulai terjadi di 11.41 WIB.

"Untuk wilayah Kebumen hampir seluruhnya padam, dan untuk wilayah Cilacap hanya Majenang saja yang menyala," katanya.

Untuk penyebabnya, kata dia sementara belum dipastikan. Meskipun demikian diperkirakan berada pada sistem transmisi Jawa Bali.

"Melihat kondisi padam yang cukup luas, diperkirakan berada pada sistem transmisi, k arena jika terjadi di sistem distribusi, tidak akan seluas ini," ujarnya.

Saat ini, kata dia, petugas di UP3 Cilacap dan UPT Purwokerto, mencari penyebab pasti gangguan padamnya listrik. Sehingga pihaknya bisa menentukan waktu pemulihan kondisi listrik di Cilacap dan sekitarnya.

"Secepatnya kalau sudah tahu maka kita bisa memulihkan kembali kondisi listrik tersebut," katanya.

Pihaknya meminta maaf kepada masyarakat atas gangguan yang terjadi. Untuk itu, secepatnya memstikan penyebab, agar segera dilakukan pemulihan. (RT) 

00:00:00 / 00:00:00