• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

CILACAP

Dinkes Cilacap Pantau Kesehatan 27 WNA Baru Kembali dari China

28 January
16:43 2020
0 Votes (0)

KBRN, Cilacap : Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap telah melakukan pendataan terhadap Tenaga Kerja Asing (TKA) yang baru pulang dari China ke PLTU Karangkandri, Selasa (28/1/2020). Hasil pendataan Tim penyelidikan epidemiologi dari Dinas Kesehatan mendata ada sebanyak 27 orang TKA dan keluarganya baru kembali dari China.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dr Pramesti Griana Dewi mengatakan jika sebanyak 27 orang ini datang ke Cilacap pada tanggal 18 dan 22 Januari 2020. Dari jumlah tersebut, seluruhnya dinyatakan sehat. Meskipun demikian, dinas akan melakukan pemantauan kesehatan terhadap mereka.

“Seluruhnya sehat dan tidak menunjukkan gejala-gejala, masa inkubasi virus Corona ini kan 14 hari, jadi kamin akan lakukan pemantauan selama 14 hari setelah mereka datang dari China," katanya.

Apabila setelah 14 hari tidak gejala demam, flu, batuk dan juga lemas, maka seluruh TKA dan juga keluarganya dinyatakan tidak terinfeksi virus corona. Artinya aman dari paparan virus corona.

Pihaknya juga menghimbau kepada perusahaan, terkait dengan TKA yang masih cuti dan berada di China, untuk sementara tidak diperbolehkan untuk kembali ke cilacap. Sampai wabah virus corona ini mereda.

Dinas Kesehatan meminta masyarakat tenang dan waspada. Untuk mencegah terpaparnya berbagai virus, termasuk corona, Dinas Kesehatan dan juga Puskesmas sebagai posko siaga, siap melakukan penanganan.

"Tindakan preventif, Kami juga menghimbau kepada seluruh pekerja di PLTU dan masyarakat untuk selalu menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), jaga kebersihan, jaga gaya hidup sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh," katanya.

Kepala Kantor Imigrasi Cilacap Barlian Gunawan mengatakan jika saat ini ada sebanyak 349 tenaga kerja asing asal China yang berada di Cilacap. Mayoritas bekerja di PLTU Karangkandri Cilacap.

“Kami juga akan melakukan koordinasi dengan manajemen PT S2P untuk mendata TKA yang ada saat ini, serta mendata yang baru pulang liburan Imlek di China,” katanya. (RT)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00