• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

CILACAP

Diduga Terinfeksi Virus Corona, Anak TKA Asal China Dirujuk ke RS Margono

27 January
17:10 2020
4 Votes (4.3)

KBRN, Cilacap : LS (29) warga negara China yang sedang berada di Cilacap diduga terinveksi virus Corona, dengan gejala mengalami sakit demam, pilek, batuk dan lemas. Perempuan ini merupakan anak dari Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang bekerja di PLTU Karangkandri Cilacap.

Mereka baru saja datang dari China beberapa saat lalu. Tim Penyelidikan Epidemiologi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap bersama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas II Cilacap telah melakukan pemeriksaan terhadap bersangkutan pada Senin (27/1/2020) siang. Pemeriksaan awal dilakukan di salah satu hotel yang menjadi tempat tinggal sementara keluarga ini.

Tim keluar dari hotel sekitar pukul 13.30 WIB. Namun, LS tidak langsung dirujuk dan dibawa menggunakan kendaraan ambulan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dr Pramesti Griana Dewi mengatakan belum memastikan gejala yang diderita oleh LS, adalah akibat terinfeksi virus corona atau tidak. Pasalnya gejala tersebut juga merupakan infeksi saluran nafas.

"Untuk memastikannya, kami merujuk ke Rumah Sakit Margono Purwokerto, kami sudah berkoordinasi dengan pihak sana, dan Senin sore akan dibawa," ujarnya

dr Pramesti menceritakan jika informasi awal dugaan suspect virus corona, berasal dari karyawan PLTU Karangkandri Cilacap, yang mengatakan jika ada anggota keluarga dari TKA yang merasa demam, batuk, pilek, lemas sejak hari Minggu (26/1/2020).

"Diketahui jika TKA ini baru pulang ke Wuhan China pada 28 Desember 2019, dan kembali ke Indonesia pada 21 Januari 2020. Tidak hanya sendiri, TKA ini membawa serta isteri dan anaknya," katanya.

Anaknya, LS tidak datang dari Wuhan China, akan tetapi dari Shanghai. Mereka bertiga bertemu di Bandara Soekarno Hatta Jakarta.

Selanjutnya, menggunakan kereta api melanjutkan perjalanan ke Purwokerto. Sesampainya di Purwokerto mereka dijemput kendaraan dari perusahaan, dan langsung ke hotel.

LS mulai demam pada Minggu kemarin, dia pun sudah mengkonsumsi obat antibiotik dan obat batuk yang dibawa dari China.

"Tadi kami periksa, kondisi tubuhnya sudah membaik, suhu tubuh 36,5 derajat, masih sedikit batuk dan pilek, sedikit lemas dan kita koordinasi dengan RS Margono untuk dirujuk," ujarnya. (RT)

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00