• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

CILACAP

Segera Beroperasi, Bupati Tandatangani Kesepakatan Pengelolaan RDF

22 January
16:28 2020
1 Votes (5)

KBRN, Cilacap : Tempat Pengelolaan Sampah  Terpadu (TPST) dengan teknologi Refuse Derived Fuel (RDF) akan segera dioperasionalkan oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap. Pengelolaan sampah yang berada di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi ini akan dikelola bersama PT Solusi Bangun Indonesia (SBI).

Hal ini ditandai dengan adanya kesepakatan bersama pengelolaan RDF antara Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dengan PT Semen Indonesia, induk dari PT SBI, di Jakarta pada Selasa (21/1/2020).

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan jika pengelolaan sampah dengan teknologi RDF ini menjadi satu solusi permasalahan sampah di Cilacap. Pasalnya, dengan teknologi tersebut, maka akan merubah sampah menjadi bahan bakar yang nantinya dimanfaatkan oleh PT SBI.

“Sampah yang nantinya diolah dengan basis RDF ini nantinya bisa menjadi pengganti batubara di PT SBI, artinya pengelolana sampah di Cilacap ini mampu dimanfaatkan menjadi energi,” ujarnya, melalui rilis yang dikirimkan kepada wartawan, Rabu (22/1/2020).

TPST berbasis RDF ini dibangun sebagai wujud kesepakatan pemerintah Indonesia, dan juga pemerintah Denmark, dalam program dukungan sekktor lingkungan atau Environment Support Program (ESP). Selain itu juga atas kerjasama dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Gubernur Jawa Tengah,  dan PT SBI. Bentuk kerjasama dengan penyelenggaraan TPST dengan teknologi pengelolan fisika dan biologi berupa penerapan teknologi RDF.

Fasilitas ini akan mengolah sampah sebanyak 120 ton per hari. Sampah yang akan diolah tersebut dipasok dari Pemkab Cilacap, dan setelah diolah dengan sistem RDF akan menghasilkan 40-50 ton per hari. Produk RDF akan diigunakan oleh PT SBI sebagai substitusi batubara. (RT)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00