• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

Musim Penghujan, Penjualan Bunga dan Tanaman Hias Meningkat

17 January
10:20 2020
0 Votes (0)

KBRN, Banyumas: Memasuki musim penghujan pedagang tanaman bungga dan tanaman hias, yang berada di sekitar jalan utama menuju Lokawisata Baturaden mengalami kenaikan pembeli. 

Salah satu pedagang tanaman hias dan bungga Tri Susilo mengatakan, kenaikan omset ini terjadi sejak Desember 2019 atau sejak hujan turun. Kenaikan hingga tiga kali lipat, yakni biasanya dalam sehari rata- rata omsetnya Rp500 ribu, menjadi Rp1,5 juta- 2  juta. 

Angka ini akan terus meningkat pada saat libur panjang, atau akhir pekan. Dengan bungga favorit anggrek dan kaktus, untuk angrek tangkai satu Rp165 ribu, untuk tangkai dua mencapai Rp175 ribu. 

Menurut Tri Susilo masyarakat lebih menyukai membeli pada saat musim penghujan, akibat lebih mudah untuk penanganan bungga. Bila dibandingkan pada saat kemarau, yang perlu penyiramanan dan lainya.

"  Pokoknya sejak hujan turun,banyak pembeli. Jadi naik omsetnya biasanya kalau musim kemarau Rp500 ribu setiap hari, sekarang bisa Rp1,5 juta- Rp2 juta."kata Tri

Senanda diungkapkan oleh penjual tanaman bungga yang berada di sekitar Mandala Baturaden Mukson mengatakan meski terjadi peningkatan penjualan tanaman bungga dan tanaman hias, namun harga masih cukup stabil dan tidak mengalami kenaikan harga. 

" Meski ada kenaikan permintaan dari wisatawan yang mampir, harga yah masih stabil tidak ada kenaikan,"kata Mukson

Pantuan RRI Jumat ( 17/1/2020) pembeli kebanyakan, adalah wisatawan yang datang atau pulang dari kawasan wisata Baturaden. Mereka rata- rata berasal dari luar Banyumas, bahkan berasal dari Jakarta dan kota- kota besar lainya di Indonesia. 

Harga bungga atau tanaman hias yang ada di sekitar Baturaden, mulai dari  belasan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah. (RA). 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00