• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

CILACAP

Persiapan Lahan Proyek RDMP Pertamina, Pohon Ikonis Jalan Thamrin Cilacap Dibabat

11 January
19:54 2020
1 Votes (1)

KBRN, Cilacap : Tahapan persiapan atau early work dari proyek pembangunan Refinery Development Master Plan (RDMP) atau pengembangan Kilang Pertamina RU IV Cilacap sudah dimulai Januari ini. Satu diantaranya dengan menyiapkan lahan.

Salah satu lahan yang digunakan untuk pembangunan RDMP ini, yakni lahan di sekitar Jalan Thamrin Kelurahan Lomanis. Untuk itu, pohon-pohon ayoman di sepanjang jalan alternatif ini akan ditebang semua.

Padahal, pohon glodokan tiang yang ditanam di sepanjang Jalan Thamrin ini, tidak hanya sebagai peneduh, akan tetapi menjadi tempat swafoto. Karena Pohon Glodokan tiang yang menjulang tinggi seperti piramida ini berjajar rapi, dan terlihat sangat ikonik.

Tidak sedikit masyarakat yang mengetahui akan adanya penebangan pun mampir, hanya sekadar swafoto. Mengabadikan jajaran pohon yang ditanam sejak 2008 ini, sebelum akhirnya jadi kenangan.

“Sayang sekali ditebang, karena kalau lewat sini hijau, dan menyenangkan, tapi memang karena buat proyek Pertamina ya bagaimana lagi. Semoga nanti ada penggantinya, yang lebih bagus,” ujar Riyadi, warga Cilacap.

Pemangkasan pohon di Jalan Thamrin dimulai sejak Sabtu (11/1/2020) siang, dan akan ditebang sampai ke persimpangan Jalan Suasa. Sepanjang jalan tersbeut, nantinya akan hilang, dan akan dibuatkan jalan baru menuju Jalan MT Haryono baru.  

Site Manager Adhi Karya pada Proyek RDMP Ari Suryono mengatakan jika pemangkasan pohon ini dilakukan sebagai langkah untuk pembersihan lahan. Sebelum nantinya akan dibangun secara fisik.

“Ini kegiatan 'clearing', menyiapkan lahan sebelum dibangun fisik, ini bisa memakan waktu sekitar dua bulan,” katanya.

Dia mengatakan, selama tahapan pembersihan ini, Jalan Thamrin juga tidak sepenuhnya akan ditutup.

“Jika diperlukan keamanan maka akan ditutup, tapi jika tidak diperlukan, saya kira masih bisa berjalan secara normal,” ujarnya.

Tidak hanya sebagian Jalan Thamrin saja yang bakal hilang, akibat adanya megaproyek  pengembangan Kilang RDMP RU IV Cilacap. Akan tetapi juga menyebabkan Jalan MT Haryono dialihkan jalurnya.

Jalan MT Haryono akan dialihkan mulai dari Masjid Baiturrahmah, atau sebelum lampu merah persimpangan Jalan Thamrin-MT Haryono, yang nantinya dialihkan sampai tembus ke Jalan Juanda tepatnya di samping Gudang Bulog. Sementara itu, sebagian Jalan Thamrin yang ilang, akan dibuatkan jalan tembus, dari persimpangan Jalan Suasa -Jalan Thamrin menuju ke Jalan MT Haryono baru. (RT)


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00