• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEBUMEN

UNICEF: Kebumen Miliki Keberpihakan Luar Biasa Pada Difabel

6 December
14:14 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kebumen: Kabupaten Kebumen Jawa Tengah mendeklarasikan diri sebagai Kabupaten Inklusif atau kabupaten ramah difabel. Deklarasi awali dengan pemukulan Gong oleh Bupati KH Yazid Mahfudz dilanjutkan dengan pengucapan deklarasi dan penandatanganan komitmen bersama menuju Kebumen Inklusi, Jumat (6/12/2019).

Chief of Field Officer UNESCO Arie Rukmantoro ditemui RRI usai acara menyampaikan, kepedulian Kabupaten Kebumen terhadap difabel dinilai sangat luar biasa. Secara statistik, terang Arie, Kebumen adalah Kabupaten termiskin kedua di Jawa Tengah namun punya keberpihakan anggaran kepada inklusi.

"Di pemerintahan biasanya inklusi dianggap beban karena harus memberikan bantuan, menyantuni, dan lain-lain. Tapi Kebumen lain, meski secara ekonomi salah satu yang termiskin di Jawa Tengah tapi Kebumen punya keberpihakan kepada inklusi. Ini sangat menarik perhatian UNICEF," papar Arie lagi.

Dalam sambutannya, Bupati KH Yazid Mahfudz, menyampaikan kegiatan ini sebagai wujud keberpihakan Pemkab Kebumen kepada para penyandang disabilitas. 

"Saya menginginkan tidak ada perbedaan hak dan kewajiban baik mereka yang normal ataupun penyandang disabilitas," tegasnya. 

Bupati menegaskan, Kabupaten Kebumen akan memberikan kesempatan yang luar biasa kepada seluruh masyarakat termasuk kepada difabel. Sehingga mereka semua dapat ikut berkontribusi dalam pembangunan. 

"Saya berharap pasca pencanangan sebagai Kabupaten Inklusi, keterlibatan masyarakat bisa semakin nyata dan menerima kehadiran para penyandang disabilitas," pungkas Bupati.

Adapun isi deklarasi, Pemkab Kebumen menegaskan beberapa komitmen. Diantaranya, berkomitmen untuk mendukung sepenuhnya terhadap pelaksanaan program pendidikan inklusi di Kabupaten Kebumen.

Kemudian, siap mengemban amanat sebagai kabupaten inklusi dengan memberikan layanan terbaiknya terhadap anak berkebutuhan khusus dalam seluruh proses layanan publik dengan prinsip kesetaraan dan tanpa diskriminasi sebagaimana peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Siap mendorong bagi tersedianya sarana publik yang bisa diakses oleh anak berkebutuhan khusus dan penyandang disabilitas demi kemajuan bangsa dan Negara.

Selanjutnya, memberikan jaminan atas regulasi berupa Perda, Perbup ataupun lainnya termasuk penganggaran untuk anak berkebutuhan khusus dan penyandang disabilitas baik bersumber dari APBD Kabupaten maupun dukungan dari dana desa untuk nasib terbaik bagi mereka.

Serta ikut mempromosikan, melindungi, dan memenuhi hak-hak anak berkebutuhan khusus dan penyandang disabilitas di Kabupaten Kebumen.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00