• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

Sirkuit Motocross Wijayakusuma Di Desa Cikembulan, Pekuncen Diresmikan

5 December
15:49 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purwokerto: Sebagai bentuk kepedulian TNI terhadap masa depan atlet olahraga motocross di Karesidenan Banyumas, Komando resor militer (Korem) 071 Wijayakusuma bekerjasama dengan Pemkab Banyumas dalam hal ini pemerintah dan masyarakat desa Cikembulan, Kecamatan Pekuncen telah membangun sirkuit permanen yang diberi nama sirkuit Wijayakusuma.

Tidak hanya memunculkan atlet-atlet motocross, tapi sirkuit tersebut dibangun sebagai bentuk sinergitas antara TNI dan Pemkab Banyumas dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Komandan Korem 071 Wijayakusuma Kolonel Kavaleri Dani Wardhana menjelaskan, setelah diresmikan, diharapkan ke depan akan banyak even-even yang  dilaksanakan di sirkuit itu.

Dengan adanya sirkuit tersebut, lanjutnya, beberapa crosser asal Kabupaten Banyumas yang pindah ke provinsi lain, bisa kembali berlatih di Banyumas.

”Karena tadi saya menerima laporan dari Ketua IMI Jateng,bahwa ada crosser yang dari Banyumas khususnya itu diambil oleh provinsi lain. Diharapkan ke depannya, crosser-crosser yang ada di Banyumas yang memiliki potensial kembali lagi untuk latihan disini. Tidak hanya crosser di Banyumas saja, tetapi di wilayah Cilacap, Banjarnegara, Purbalingga, intinya di Pulau Jawa, Jawa Tengah. Ini juga kami sinergikan dengan pak Bupati tadi sudah meresmikan juga kampung otomotif atau wisata otomotif, sehingga bisa mendongkrak perekonomian warga masyarakat di desa cikembulan ini," terangnya kepada awak media seusai meresmikan sirkuit itu, Kamis (5/12).

Bahkan sirkuit yang dibangun di atas lahan satu setengah hektar yang mempunyai panjang 1.050 meter itu, lanjutnya, sudah memenuhi standar sebagai sirkuit nasional.

Sementara itu, Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, dengan adanya sirkuit tersebut diharapkan menurunkan tingkat kemiskinan di desa itu.

”Dengan adanya pariwisata, desa wisata, ada sirkuit akan ada banyak pendatang kesini. Otomatis membawa uang, otomatis kalau nanti sukses, juga atlet-atletnya terkenal. Kalau terkenal, dia kan bisa juga membawa uang, karena dia mengikuti pertandingan-pertandingan nasional. Jadi fokus saya adalah, terima kasih pak Danrem, ini adalah menurunkan angka kemiskinan," ungkapnya.

Danrem 071/ Wijayakusuma, Kolonel Kavaleri Dani Wardhana menambahkan, untuk perdananya, sirkuit itu akan digunakan untuk turnamen terbuka Soedirman Grasstrack Motocross 2019 memperebutkan Piala Pangdam IV Diponegoro ke-1 dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika TNI AD tahun 2019 pada 21 sampai 22 Desember mendatang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00