• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat, Unsoed Perkuat Unit Layanan Terpadu (ULT)

3 December
13:24 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purwokerto: Untuk menjadikan Unsoed Purwokerto sebagai lembaga penyelenggara pelayanan publik yang bisa tumbuh besar di tengah-tengah masyarakat, maka perguruan tinggi negeri itu perlu meningkatkan pengelolaan pelayanan pengaduan dan aspirasi masyarakat dengan baik.

Karena itu, kehadiran Unit Layanan Terpadu (ULT) dimana salah satu tugasnya memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat harus diperkuat.

Kepala Unit Layanan Terpadu (ULT) Unsoed, Mochamad Sugiarto menjelaskan, keberadaan ULT tidak mengamputasi tugas unit-unit lainnya seperti Humas dan sebagainya, namun malah justru memperkuat seluruh pelayanan kepada masyarakat baik internal maupun eksternal.

”Tapi kita memperkuat sehingga mungkin ada beberapa tugas di unit-unit yang terasa kurang maksimal, maka ULT akan hadir dalam memfasilitasi kebutuhan layanan informasi, layanan aspirasi, maupun layanan pengaduan masyarakat kepada Unsoed, yang selama ini mungkin masih belum maksimal, ULT hadir di dalam rangka memaksimalkan pelayanan-pelayanan itu kepada masyarakat," terangnya kepada RRI Di sela-sela kegiatan FGD terkait identifikasi penguatan layanan akademik dan non akademik Unsoed di Purwokerto, Selasa (3/12) pagi.

Dengan keberadaan ULT itu, lanjutnya, masyarakat diharapkan bisa menyampaikan pengaduan dan aspirasinya melalui website http://sidamas.ppid.unsoed.ac.id/web/ sehingga perguruan tinggi negeri tersebut bisa menjadi besar bukan karena Unsoed sendiri, tapi karena masyarakat.

”Jadi masyarakat tidak perlu hadir secara fisik ke Unsoed, tapi masyarakat bisa menyampaikan itu lewat online. Dan itu akan kami tindak lanjuti menurut Undang-undang 25/2009 tentang pelayanan publik, maka setiap pengaduan itu akan, dan harus kami respon. Jadi setiap masyarakat mengadukan atau memberikan aspirasi itu maksimal 14 hari harus kita berikan notifikasi. Dan pengaduan itu, atau aspirasi itu harus secara komplit direspon maksimal 60 hari," pungkas Mochamad Sugiarto.

Mochamad Sugiarto menambahkan, ULT juga akan mengembangkan dan mendorong terbentuknya pusat layanan mahasiswa atau Student Service Center dimana pusatnya berada di Wakil Dekan I setiap fakultas. Apalagi jumlah mahasiswa di Unsoed saat ini mencapai 25.800 orang. 

"ULT tidak akan memberikan respon secara eksplisit terhadap pengaduan yang menyinggung tentang pribadi seseorang, namun diharapkan pengaduannya bersifat untuk membangun pelayanan yang lebih baik lagi," imbuhnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00