• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

ISNU Cabang Banyumas Bekali Para Santri Dengan Ilmu Kesehatan Dasar

1 December
14:19 2019
1 Votes (5)

KBRN, Purwokerto: Untuk meningkatkan keahlian di bidang kesehatan, para santriwan dan santriwati di kabupaten Banyumas mendapatkan penyuluhan kesehatan.

Penyuluhan kesehatan itu sendiri diselenggarakan oleh Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) cabang Kabupaten Banyumas  dan dilaksanakan di pendopo Bupati Banyumas, Purwoketo, Minggu (1/12) pagi.

Ketua Penyelenggara dari ISNU Cabang Banyumas Cipto menjelaskan, kegiatan penyuluhan kesehatan itu diikuti oleh kurang lebih 217 santri yang ada di rois SMA / SMK se Kabupaten Banyumas dan perwakilan-perwakilan pondok pesantren.

Penyuluhan tersebut, lanjutnya, digelar selain dalam rangkaian hari lahirnya ISNU ke-20, juga bertujuan agar para santri memiliki keahilan dasar dalam penanganan kesehatan di masyarakat.

”Contohnya penanganan luka, harapannya nanti santri itu menjadi solusi ketika ada or ang terluka, kemudian ada orang terkena serangan jantung, ada orang kena stroke  dan sebagainya. Harapannya dia menjadi solusi di masyarakat. Oleh karena itu kita berikan edukasi,"terangnya kepada RRI.

Setelah kegiatan itu, lanjutnya, para santriwan dan santriwati juga akan dibekali ilmu-ilmu kesehatan lainnya seperti kesehatan manula, kesehatan ibu dan anak, serta kesehatan lingkungan.

”Nanti di divisi kesehatan juga, mungkin bulan depan kita akan mengadakan penyuluhan untuk kesehatan manula, kemudian juga untuk kesehatan ibu dan anak, terus kemudian untuk kesehatan lingkungan, juga nanti kita ada di bidang kesehatan masyarakat,"ungkap Cipto.

Kegiatan penyuluhan santri sehat yang dibuka oleh Bupati Banyumas Achmad Husein itu menghadirkan narasumber dari tim Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, dipimpin oleh Dr. Nugroho Harbani, selaku Ketua Divisi Kesehatan ISNU cabang Banyumas dan juga Ketua IDI Banyumas.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00