• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Kegiatan

Tingkatkan Kapasitas Relawan Muhammadiyah melalui Latgab

18 November
23:21 2019
0 Votes (0)

KBRN, Cilacap : Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah atau lebih dikenal Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) menyelenggarakan Latihan Gabungan atau Latgab Relawan Muhammadiyah se-Kabupaten Cilacap, Sabtu – Minggu (16 – 17/11/2019).

Kegiatan di Desa Mujur Lor, Kecamatan Kroya ini fokus pada penanganan  dan evakuasi bencana banjir menyesuaikan potensi bencana di wilayah setempat.

Ketua Panita Latgab Relawan Muhammadiyah se-Kabupaten Cilacap 2019 Lutfi Latifudin menerangkan kegiatan diikuti 150 peserta terdiri dari perwakilan sejumlah organisasi otonom Muhammadiyah seperti Pimpinan Cabang Muhammadiyah, Pimpinan Cabang Aisyiyah dan daerah ditambah peserta dari luar yakni STIKES Muhammadiyah Gombong dan tim Bantuan Medis Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

“Hari pertama materi yang diberikan antara lain seputar Kemuhammadiyahan, fiqih kebencanaan, manajemen Posko, SAR, komunikasi dan Penanganan Bencana Gawat Darurat atau PBGD” jelas Lutfi.

Sedangkan pada hari kedua, lanjut dia dilakukan simulasi dan penanganan korban banjir bandang melibatkan 50 warga setempat sebagai petugas di posko dan korban banjir bandang. 

Lutfi yang juga Ketua MDMC Kecamatan Kroya menerangkan wilayah Kroya merupakan salah satu daerah rawan banjir dalam peta kebencanaan Kabupaten Cilacap.

“Ada 3 desa yang paling berpotensi yakni Mujur Lor yang menjadi tuan rumah Latgab ini, Gentasari dan Kedawung yang hampir setiap tahun selalu menjadi korban banjir. Ini terjadi karena secara geografis ketiga desa itu berada wilayah yang rendah ditambah luapan air sungai setempat” ungkapnya.

Bahkan di Dusun Bander, Desa Mujur Lor, katanya genangan air berlangsung lebih lama dari wilayah lain meski banjir sudah surut selama satu pekan.

“Untuk itu melalui latgab ini menjadi sarana sinergitas internal Muhammadiyah dengan pemerintah  melibatkan organsisasi otonom dan potensi masyarakat lain sebagai bentuk tanggung jawab bersama dalam penanganan bencana” imbuhnya. 

Selanjutnya mendidik masyarakat setempat tangguh bencana karena hampir setiap tahun terjadi banjir.

“Kami MDMC Kroya bersinergi dengan pemerintah desa setempat akan membentuk desa tangguh bencana  dengan konsep warga tangguh bencana jamaah tangguh bencana dan remaja tangguh bencana” ucapnya.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Cilacap Kuswan Hassan merespon antusias apa yang dilakukan MDMC sebagai bukti kepedulian Muhammadiyah terhadap masyarakat bangsa dan Negara.

“Hal ini sebagai bentuk kesadaran baha bencana tidak mungkin diselesaikan oleh pemerintah saja” tandasnya.

Maka melalui Latgab ini diharapkan manajemen penanganan bencana oleh relawan Muhammadiyah akan terkelola dengan baik, relawan tidak lagi canggung dan kikuk dalam melakukan evakuasi  serta sinergi dengan pemerintah dan lembaga setempat semakin baik.

PDM Cilacap menurut Kuswan sejauh sangat merasakan manfaat  MDMC sebagai sebuah lembaga Muhammadiyah yang terbukti tangguh dan tidak cengeng dalam banyak kegiatan.

Ketua LPB MDMC Cilacap Tasnarto menerangkan latihan gabungan semacam ini menjadi agenda rutin MDMC minimal satu tahun sekali.

“Hal ini penting untuk mendidik relawan di tingkat distrik maupun cabang semakin paham tentang manajemen kebencanaan,  mampu menyelamatkan diri dan keluarga serta aset-aset Muhammadiyah dan lingkungan masyarakat secara luas” terangnya.

Ia menyebutkan sejak terbentuk di Kabupaten Cilacap 2010 lalu MDMC tidak pernah absen dalam setiap penanganan kebencanaan baik di tingkat kabupaten provinsi maupun Nasional.

Saat ini MDMC sudah terbentuk di 16 kecamatan dari total 24 kecamatan se-Kabupaten Cilacap dengan potensi setiap kecamatan 30 relawan.

Lebih jauh Tasnarto menilai semangat kerelawanan pasukan MDMC selama ini merupakan panggilan jiwa dan kemanusiaan serta bentuk ibadah melalui kepedulian pada korban bencana.

 

  • Tentang Penulis

    Shandy Windu

    <p>KONTRIBUTOR BERITA DAERAH CILACAP</p><p> </p>

  • Tentang Editor

    Shandy Windu

    <p>KONTRIBUTOR BERITA DAERAH CILACAP</p><p> </p>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00