• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

LPS Minta Nasabah Waspada Program Cashback

13 November
14:11 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banyumas : Hingga September 2019, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah melakukan penutupan atau likuidasi 101 bank sejak lembaga ini berdiri. Seketaris Lembaga LPS Muhamad Yusron mengatakan, 101 bank yang dilikuidasi ini terdiri satu bank umum dan 100 bank Perkeriditan Rakyat (BPR). 

Dari data yang ada BPR yang paling banyak di tutup berasal dari wilayah Jawa Barat, diikuti oleh BPR yang ada di Sumatra Barat. Dengan Total simpanan atas bank yang ditutup mencapai Rp1,9 triliun. 

Namun tidak semua dana nasabah tersebut, bisa dibayar oleh LPS. Simpanan nasabah yang bisa di bayar LPS, Rp1,5 triliun atau sebasar 91 persen. Sisanya sebesar 9 persen dana nasabah tidak layak bayar oleh LPS, karena tidak memenuhi ketentuan. 

Yusron di Purwokerto saat mengelar Media Gathering Rabu (13/11/2019) menjelaskan, paling banyak dana yang tidak bisa dibayarkan oleh LPS yakni, bunga yang diterima nasabah melebihi tingkat bunga penjaminan LPS. 

Sehingga dirinya meminta kepada nasabah agar cermat, dan juga harus menayakan kepada perbankan tempat menyimpan uang terkait bunga acuan penjaminan LPS. Selain itu, nasabah tidak tergiur dengan promo cashback, baik berupa uang ataupun dalam bentuk barang.

“ Penyebab tidak dijaminya, paling besar karena nasabah menerima suku bunga yang melebihi suku bunga LPS. Jadi ingat ada 3T, pertama tercatat, tidak boleh melebihi suku bunga LPS, tidak menyebabkan bank gagal. Nah penyebab paling banyak dana nasabah yang tidak bisa dibayar oleh LPS, ketika bank dinyatakan ditutup yakni nasabah menerima suku bunga di atas LPS,"terang Yusron

 Biasanya praktek ketika bank itu sudah bermasalah, kesulitan likuiditas, mereka butuh dana segar untuk operasinal bank. Nah mereka caranya menghimpun dana dari masyarakat, dengan iming- iming bunga yang lebih tinggi,”kata Yusron. 

Diterangkan oleh Yusron, LPS berpegang teguh pada aturan nomer 2 tahun 2010 pasal 42 ayat 2, yang menyatakan bahwa pemberian uang dalam rangka penghimpunan dana, juga termasuk komponen perhitungan bunga. Sehingga jika cashback yang diberikan oleh bank kepada nasabah, melebihi bunga pinjaman. Maka simpanan nasabah tidak dijamin oleh LPS. 

Saat ini tingkat bunga penjaminan LPS sebesar 9 persen untuk BPR, dan bank umum sebesar 6,5 persen. (RA). 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00