• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

Pemkab Banyumas Gelar Talkshow Dan Pameran Inovasi Pelayanan Publik Bidang Pendidikan Dan Kesehatan

12 November
14:28 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purwokerto: Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pemerintah kabupaten Banyumas bekerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Bikrorasi (Kemenpan RB) menggelar talkshow dan pameran inovasi pelayanan publik di bidang pendidikan dan kesehatan di gedung sasanan krida raga, komplek GOR Satria Purwokerto, dari 12 sampai 13 Nopember 2019.

Dalam pameran itu ada 318 judul inovasi yang dihasilkan oleh laboratorium inovasi (Labinov) yang terdiri dari 207 inovasi dari dinas pendidikan, dan 111 inovasi dari dinas kesehatan.

Inovasi tersebut tersebar di 119 lembaga pendidikan dan UPT Puskesmas dengan rincian 80 lembaga pendidikan dan 39 UPT Puskesmas. Sedangkan jumlah peserta pameran ada 61 stand yang terdiri dari 17 stand dari dinas pendidikan, 26 stand dari dinas kesehatan, dan 18 stand dari umum.

Untuk talkshow sendiri dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan asal Kabupaten / kota se Jateng, Kepala Dinas kesehatan asal Kabupaten / Kota se Jateng dan Kepala Bagian Organisasi Kabupaten / kota Se Jateng, seta tamu dari Kabupaten dan kota Probolinggo, Kota Bekasi, Kabupaten Agam Sumbar, Kabupaten Tanggerang, dan kabupaten Bekasi.

Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Dr. Adi Suryanto, M.Si., menjelaskan, pameran yang digelar oleh Pemkab Banyumas dinilai sangat baik sebagai titik awal semangat inovasi.

”Ya kalau di bidang kesehatan tentu kaitannya dengan bagaimana upaya mencapai target-target pembangunan di bidang kesehatan, misalnya penanganan gizi buruk, ibu hamil, stunting dan seterusnya, bagaimana target-target itu bisa kita capai, banyak sekali kawan-kawan di bidang kesehatan, yang mereka melakukan terobosan-terobosan inovasi untuk bisa mencapai itu. Karena dengan cara-cara biasa itu ga akan tercapai. Maka butuh terobosan-terobosan. Demikian juga di bidang pendidikan, jadi kreativitas kawan-kawan pendidik, para guru, sekolah, ini juga  menurut saya sangat baik, mereka membuat terobosan-terobosan, sistim aplikasi-aplikasi pembelajaran, kreativitas murid, pendidikan karakter dan seterusnya, saya kira sangat luar biasa,"terangnya kepada awak media seusai membuka secara resmi pameran tersebut.

Sementara itu Bupati Banyumas Ahmad Husein mengatakan, pameran itu digelar agar masyarakat mengetahui inovasi apa yang sudah dicapai oleh dua sektor tersebut.

”Menunjukkan kelebihan-kelebihan mereka, puskesmas ini punya kelebihan itu, SD ini, dinas pendidikan ini punya itu, di SMP ini punya ini, jadi mereka saling belajar satu sama lain, karena ada satu bagian yang maju di bidang tertentu, ada bagian lain yang maju tertentu lainnya.saling belajar nanti akan kelihatan, juga untuk kebanggaan bisa tampil di depan umum," ungkapnya.

Di hari terakhir pameran, Rabu (13/11) besok, akan ada pemberian penghargaan top 10 inovasi terbaik dari dinas pendidikan dan top 10 inovasi terbaik dari dinas kesehatan, serta pemberian piala kepada top 5 inovasi terbaik dari dinas pendidikan dan top 5 inovasi terbaik dari dinas kesehatan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00