• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Calon Dewan Penggalang MTs Al Mukaromah Ikuti LDK

11 November
04:45 2019
6 Votes (2.8)

KBRN Banyumas : Dalam rangkap mempersiapkan Dewan Penggalang (DP) periode 2019/2020 yang akan menggantikan Dewan Ambalan sebelumnya, Dewan Ambalan MTs Al Mukaromah Karangjati Sampang Cilacap bersama Tim Pembina Pramuka melaksanakan kegiatan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) yang dilaksanakan selama 3 hari, Jumat-Minggu (8-10/12/2019) di Bumi Perkemahan Wanawisata Baturraden Banyumas. LDK diikuti 51 calon dewan penggalang, yang terdiri dari 13 Penggalang Putera dan 38 Penggalang Puteri.

Peserta LDK dilepas oleh Kepala Sekolah Nasihkin, selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus). Dalam sambutannya Nasikhin berpesan kepada peserta agar selalu menjaga tata krama dan sopan santun kepada setiap orang yang di jumpai disekitas wilayah perkemahan, menjaga kesehatan selama perkemahan berlangsung  serta mematuhi setiap perintah atau himbauan yang diberikan kakak Pembina mengingat kegiatan dilakukan diluar sekolah dan luar wilayah Sampang.

Pembina Pramuka Farid Fauzi kegiatan LDK bertujuan untuk memberikan bekal bagi anggota Dewan Penggalang (DP) agar mereka semakin menghayati tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang pemimpin dan pengurus organisasi. 

"Kami menyiapkan mereka agar memiliki jiwa kepemimpinan agar di masa depan, mereka bisa mengamalkan pengalaman dan pelajaran yang didapat melalui kegiatan kepramukaan dan kehidupan sehari hari dilingkungannya," kata Farid.

Peserta mendapatkan materi tentang tugas pokok dan fungsi dewan penggalang, manajemen organisasi, kepemimpiman, dinamika kelompok dan juga Outbond. 

Farid menambahkan pihak sengaja menggelar LDK dengan perkemahan dan berada diluar daerah karena untuk membangun kebersamaan, melatih kerja sama, tanggung jawab dan kemandirian. Selain pemateri dari pembina, pihaknya juga mengundang Pelatih Kwarcab Banyumas Joko Wahyanto untuk menyampaikan materi.

"Kebersamaan kami ciptakan melalui makan bersama satu regu diberi satu nampan berisi nasi dan lauk, sholat berjamaah, api unggun dan lainnya," katanya.

Kegiatan ditutup oleh pembinanya Maksum. Dalam motivasinya, Maksum memberikan pemantapan untuk anak-anak yang akan mengemban tugas sebagai Dewan Penggalang, supaya tetap semangat, bisa menjadi teladan untuk teman-temannya. Dewan penggalang nantinya harus selalu siap sedia akan tugas dan tanggung jawabnya. 

"Terutama menjadi pemimpin yang berkarakter dan memiliki sifat yang jujur, cerdas, bertanggung jawab dan mandiri," pesan Maksum

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00