• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANJARNEGARA

SMAN 1 Sigaluh Gelar Simulasi Siaga Bencana

8 November
12:52 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banjarnegara : Mengurangi resiko bencana alam, terutama bencana tanah longsor. Ratusan siswa- siswi SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara Jawa Tengah, Jumat (8/11/2019) mengelar simulasi penanganan bencana tanah longsor.

Dalam simulai ini digambarakan gempabumi  terjadi tiba-tiba di SMA Negeri 1 Sigaluh. Jerit bersahut-sahutan siswa membuat situasi semakin mengerikan. Kepala sekolah melalui pengeras suara meminta semua untuk tenang dan tidak panik. 

Sejurus kemudian semua siswa dikomando para guru menuju ke tengah lapangan upacara sebagai titik kumpul, dan melakukan pendataan. Siswa yang tertimpa bangunan segera ditandu keluar kelas dan dilarikan ke rumah sakit. Sementara itu satu siswa meninggal tidak tertolong. Tenda Pos Komando (Posko) bencana pun segera didirikan.

Dipandu oleh tim dari Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, ratusan siswa didampingi para guru mengikuti simulasi tersebut. Pertama mereka mengikuti materi mengenai mitigasi bencana dengan pemateri 

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Banjarnegara Andri Sulistyo. Andri mengatakan, hampir 35 % keselamatan seseorang dalam menghadapi bencana ditentukan oleh kesiapsiagaannya sendiri. 

“Karenanya, secara mandiri kita harus tahu bagaimana cara bertahan hidup ketika kita menghadapi bencana. Pertolongan dari orang lain sangatlah minim prosentase keselamatannya” ujar Andri.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Sigaluh Ibnu Rohmadi mengungkapkan, pihaknya merasa perlu untuk mengadakan simulasi bencana ini mengingat saat ini sudah mulai musim penghujan sehingga rawan terjadi bencana longsor. 

“Siswa kita hampir 90 persen tinggal di lereng-lereng perbukitan. Maka kami tidak ingin ketika ada bencana longsor, mereka menjadi korban. Karenanya, sejak dini kami bekali mereka dengan kemampuan mitigasi bencana, harapannya ketika bencana benar-benar datang, mereka sudah siap” jelas Ibnu.

Simulasi ini mendapatkan tanggapan positif dari kalangan pelajar, seperti Ketua OSIS SMAN 1 Sigaluh Aji Prasestyo mengaku pelatihan ini sangat bermanfaat. Pasalnya kemampuan mitigasi bencana terkait keselamatan hidup setiap orang. (HP). 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00