• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

INFO MASYARAKAT

HSN Ponpes At Taujieh Al Islamy 2, Bendera Merah Putih Jumbo Sampai Hafalan Massal

22 October
15:51 2019
0 Votes (0)

KBRN, BANYUMAS : Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 di Ponpes At Taujieh Al Islamy 2, berlangsung khidmat dan meriah. Ada yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Yakni pengibaran bendera merah putih jumbo ukuran 33 x 9 meter.

"Bendea merah putih jumbo itu simbol kecintaan santri At Taujieh Al Islamy 2 pada NKRI. Kami buat berbeda supaya berkesan dan meninggalkan atsar mahmudah pada santri khususnya," kata penanggungjawab acara Agus Hilmy Mubarok.

Selain itu ada juga flashmob paper map bendera merah putih. Serta marching band Andalusia yang menambah meriah acara. Yang juga berbeda adalah mukhafadzoh massal yang diikuti sekitar 1.000 santri.

"Mukhafadzoh ini juga simbol bahwa santri itu ya ngaji. Kalau nggak ngaji berrti bukan santri. Makanya ada mukhafadzoh massal 1.000 santri," kata Agus yang alumni Ponpes Al Anwar Sarang tersebut.

HSN 2019 di Pondok asuhan KH Zuhrul Anam Hisyam (Gus Anam) itu juga istimewa karena dihadiri Syaikh Mahmud Fathi Hijazi dari Mesir. Syaikh Mahmud sedang mengadakan dauroh lughotil 'arobiyyah ketiga kalinya di Ponpes At Taujieh Al Islamy 2.

Sementara itu, Pengasuh KH Zuhrul Anam Hisyam menyebut santri itu sudah jadi 'orang langka' di Indonesia. "Santri itu istimewa, sudah jarang ada di Indonesia. Seperti kalian, sekolah formal tapi hafalan nahwu shorof jalan. Berarti otaknya dobel, istimewa," katanya memuji santri.

Mengutip Syaikh Dr Fathi Abdurrahman Hijazi dari Al Azhar Mesir, santri itu, katanya harus berbekal tiga hal. Yakni, umru Nuh, shobru Ayub dan Maalu Qoruun. "Harus punya umur panjang seperti Nabi Nuh, kesabaran seperti Nabi Ayub dan harta seperti Qorun," kata Gus Anam.

Terakhir, Gus Anam berharap semua proses di pesantren menjadikan santrinya kelak bisa bermanfaat di tengah masyarakat. Bekal keilmuan, menjadi kunci sukses orang mengarungi hidup. Doa HSN disampaikan oleh Syaikh Mahmud Fathi Hijazi.

Ponpes At Taujieh Al Islamy 2 sendiri berada di bawah naungan Yayasan Al Anwar Al Hisyamiyyah. Selain pesantren ada juga SMP-SMA Islam Andalusia. Dirosah Khossoh, Takhossus Tahfidzul Qur'an dan sedang dalam proses mengajukan Ma'had Aly Andalusia tinggal menunggu keluar izin dar Kementrian Agama.(Rujito)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00