• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PURBALINGGA

Raih Penghargaan SDG-PIPE 2019, Bayu Segera ke Spanyol

21 October
18:41 2019
0 Votes (0)

KBRN,  Purbalingga:  Bayu Darmawan, perintis kampung marketer dari Desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol berhasil meraih penghargan tingkat nasional Sustainable Development Goals - Pemuda Indonesia Penggerak Perubahan (SDG PIPE) 2019 beberapa waktu lalu.

Melalui penghargaan tersebut, Bayu rencananya akan berangkat ke Spanyol untuk mengikuti international field training pada tanggal 1 - 18 November 2019 mendatang.

Oleh karenannya, Senin (21/10/2019) Bayu menemui Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM untuk memohon dukungan dan doa restu agar kegiatan selama di Spanyol bisa lancar dan memberi banyak manfaat baik bagi riitnya maupun masyarakat Purbalingga.

“Besar harapan bagi saya untuk terus mengharumkan nama Purbalingga ke depannya,” kata Bayu.

Ia juga meminta dukungan untuk mengikuti undangan Upacara Sumpah Pemuda 28 Oktober 2019 di Jakarta. Kegiatan itu juga sekaligus mengikuti malam penghargaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Adapun beberapa penghargaan yang telah Bayu peroleh berkat Kampung Marketer yang ia dirikan dalam rangka mengurangi pengangguran, menekan laju urbanisasi, dan menciptakan entrepreneur muda mandiri di desa ini.

Penghargaan tersebut diantaranya SDG PIPE 2019 yang diselenggarakan oleh campaign.com, Go Global Indonesia & PIRAC; Penghargaan Wirausaha Mandiri 2019 Bidang sosial yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri dan Net TV; Penggerak Wirausaha Muda Berprestasi yang diselenggarakan oleh Kemenpora RI.

Seperti yang diketahui, Kampung Marketer juga telah mempekerjakan 700 pemuda desa setempat. Meski demikian Bayu juga tetap mengantisipasi berbagai kemungkinan akibat dinamika teknologi di era Revolusi Industri 4.0 ini.

“Teknologi semakin berkembang dinamis, kamipun juga memperkuat sistem dan memperkuat kurikulum. Karena kalau kita hanya target kuantitas maka cepat hancur kalau kita tidak perbaikan kurikulum karena saat ini sebagian di luar sana peran telah digantikan robot dan sebagainya,” katanya.

Sementara itu Bupati Tiwi menyambut baik kedatangan Bayu yang akan berangkat ke luar negeri untuk mengikuti sejumlah kegiatan yang membawa nama Purbalingga.

Bupati Tiwi berharap agar sepulang mereka dari luar negeri bisa membawa ilmu yang bermanfaat untuk diterapkan di Purbalingga.

“Semoga ilmu yang didapat, wawasan-wawasan, dan inspirasi-inspirasi di Spanyol terkait berbagai hal mudah-mudahan bisa menjadi bahan masukan kita yang ada di Purbalingga khsusunya pengembangan di bidang wirausaha,” katanya.

Bupati juga meminta kepada Bayu sebagai salah satu generasi milenial untuk senantiasa membantu Purbalingga, khususnya dalam hal pemberdayaan, wirausaha dan UMKM.

Bupati juga mengajak untuk bisa saling bersinergi dan pemerintah siap memfasilitasi demi pengembangan dampak ekonomi yang lebih luas lagi.(spj)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00