• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEBUMEN

164 Calon Kades Deklarasikan Pilkades Bersih Tanpa Politik Uang

21 October
12:37 2019
1 Votes (5)

KBRN, Kebumen: Sebanyak 164 calon kepala desa dari 54 desa di 21 kecamatan di kebumen Jawa Tengah mendeklarasikan diri akan mengikuti Pilkades Damai Bersih Tanpa Wuwuran (Politik Uang). Pernyataan itu disampaikan oleh para calon kades di hadapan Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz dan jajaran Forkopimda. Mereka, secara bersama-sama membuat komitmen agar Pilkades serentak gelombang III dapat berjalan dengan baik, damai, bersih dan tanpa wuwuran.

Pada kesempatan itu, Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, mengingatkan seluruh calon Kades dan pendukungnya untuk tidak melakukan praktik politik uang atau wuwuran. "Saya sangat berterima kasih kepada para calon kades yang sudah berani mencalonkan diri. Bahkan hari ini hadir bersama untuk membuat komitmen. Komitmen agar Pilkades tahun 2019 dapat berjalan dengan baik, damai, bersih dan ora (tanpa) wuwuran," kata Yazid Mahfudz.

Menurutnya, Pemkab Kebumen menggencarkan kampanye Pilkades Bersih Tanpa Wuwuran sejak 2017 lalu melalui berbagai forum dan media. Semua pihak, kata Bupati, berkeinginan kuat agar Pilkades bisa terlaksana dengan lancar, dalam suasana damai. Ia berharap, Panitia Pilkades di tingkat desa, dan kabupaten melakukan antisipasi terhadap potensi gangguan. Baik saat menjelang Pilkades, pemungutan dan perhitungan suara serta pasca Pilkades.

"Mari kita taati bersama kesepakatan yang hari ini kita tanda-tangani bersama. Untuk meningkatkaan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat," tandasnya.

Hadir pada acara deklarasi, Ketua DPRD Kebumen H Sarimun, Dandim 0709/Kebumen Letkol (Inf) Zamril Philiang, Wakapolres Kebumen Kompol Prayuda Widiatmoko, Kepala Dispermades P3A Kebumen Frans Haidar.

Untuk diketahui Pilkdes serentak gelombang III Kebumen dilaksanakan pada 5 November 2019 di 52 desa yang tersebar di 21 kecamatan. Adapun total calon kepala desa yang resmi ditetapkan berjumlah 164 orang terdiri 150 calon berjenis kelamin laki-laki dan 14 perempuan. Dari jumlah itu 24 orang diantaranya merupakan kepala desa petahana.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00