• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

CILACAP

Pembudidaya Jangkrik, Dukung Pertamina Bentuk Kampung Iklim

17 October
14:48 2019
0 Votes (0)

KBRN, Cilacap : Pembudidaya jangkrik di Desa Mernek Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap Jawa Tengah, menyambut baik dengan ditetapkan desanya sebagai Kampung Iklim Kamis (17/10/2019). 

Salah satu pembudidaya jangkrik Abdul Azis mengatakan, sejak tahun 2002, ada sekitar empat kelompok pembudidaya jangkrik yang ada di Desa Mernek. Satu kelompok berisi empat orang,  panen setiap 20 hari sekali, dengan penghasilan mencapai Rp3 juta perorang. 

Menurut Abdul Azis dengan ditetapkan Mernek sebagai Kampung Iklim, maka akan tercipta kesadaraan warganya untuk memilih sampah organik dan anorganik. Sehingga sampah organik ini bisa dimanfaatkan untuk pakan jangkrik. 

Seperti sisa dapur, atau sayuran. Sehingga bisa mengurangi biaya pakan buatan, yang merupakan komponen utama untuk budidaya jangkrik. 

“ Karena limbah rumah tangga yang tersisa, seperti potongan kangkung, wortel bisa untuk makan jangkrik. Jadi jangan dibuang, atau disia- siakan, peternak jangkrik siap menampung,’kata Abdul Azis di Mernek.

Sementara itu, General Manager Pertamina MOR IV Jawa Tengah dan DIY Iin Febrian mengatakan, Kampung Iklim Mernek merupakan program pemberdayaan lingkungan dan masyarakat berkesinambungan. 

Khususnya dalam bidang lingkungan, pihaknya memberikan bantuan peralatan dan pelatihan dengan jumlah anggaran mencapai Rp200 juta. Bantuan peralatan diantaranya tong sampah, komposter, dan lainya. 

Sedangkan dalam bentuk pelatihan dan ketrampilan, yakni melakukan pemilahan sampah, pengolahan sampah plastik untuk kerajinan dan lainya.

“ Kampung Iklim ini, merupakan konsep yang terintegrasi disusun bersama dnegan Pak Kades, Pemerintah Daerah setempat. Kampung Iklim ini, secara esensi merupakan desa yang mandiri,”kata Iin.

Pertamina selain memberikan bantuan dalam bidang lingkungan, juga membantu masyarakat Mernek dalam bidang UMKM, pertanian, dan perikanan. Agar warga masyarakat yang bertempat tinggal di Desa Mernek dapat tetap tinggal ditempat tinggalnya dan tidak berpindah tempat ke kota lain atau menjadi TKI untuk mencari pekerjaan.  (RA). 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00