• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

3.000 Mahasiswa AMB Gelar Aksi Unjuk Rasa Damai Tolak Revisi RUU KUHP Dan UU KPK

23 September
21:01 2019
1 Votes (5)

KBRN, Purwokerto: Sebanyak kurang lebih 3.000 mahasiswa yang tergabung dalam aliansi mahasiswa Banyumas (AMB) mengadakan aksi unjuk rasa damai di depan Gedung DPRD Kabupaten Banyumas, Purwokerto, Senin (23/9) siang.

Ribuan mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi seperti Unsoed, UMP, IAIN Purwokerto, Amikom, Universitas Nahdatul Ulama (UNU), STIKES, dan beberapa perguruan tinggi lainnya itu menggelar aksinya menuntut DPRD Kabupaten Banyumas mendorong DPR RI untuk membatalkan revisi Rancangan Undang-undang Kitab Hukum Pidana (KUHP) yang dianggap mengkebiri demokrasi, campur tangan urusan pribadi warga negara dan diskriminasi hak perempuan.

Kemudian dalam tuntutannya, AMB menolak RUU KUHP dijadikan sebagai alat kepentingan politik para hacker, dan menuntut DPRD Kabupaten Banyumas untuk menyuarakan percepatan judicial review Revisi Undang-undang KPK ke Mahkamah Konstitusi, serta menuntut DPRD Kabupaten Banyumas untuk selalu menjalankan kewajibannya sebagai wadah aspirasi rakyat Banyumas.

Korlap Aksi Unjuk Rasa Sulung menjelaskan, para mahasiswa melakukan aksinya sebagai refleksi dan prihatin terhadap kondisi bangsa Indonesia belakangan ini terkait RUU KUHP dan Undang-Undang tentang KPK.

”Kalau tidak terpenuhi, kita coba aksi lagi untuk beberapa minggu ke depan. Tapi kita secara baik-baik juga menyiapkan secara komunikasi. Sebelumnya kita mau menyuarakan aspirasi secara baik-baik," terangnya kepada awak media.

Setelah hampir kurang lebih dua jam berorasi, akhirnya pimpinan DPRD Kabupaten Banyumas yang diwakili oleh Dr. Budhi Setyawan dari Fraksi PDI-P dengan didampingi oleh Supangkat dari Fraksi Golkar menemui para pengunjuk rasa.

Diatas mobil bak terbuka dan didepan kurang lebih 3.000 mahasiswa, Dr. Budhi Setyawan berjanji akan meneruskan aspirasi para mahasiswa ke DPR RI.

”Dan kami dari DPRD Kabupaten Banyumas yang jelas akan menyampaikan tuntutan-tuntutan tersebut kepada DPR RI maupun kepada pihak-pihak yang terkait agar tuntutan tersebut dapat didukung sepenuhnya," tandasnya.

Dr. Budhi Setyawan juga diminta oleh para mahasiswa untuk menandatangani janjinya itu diatas materai dan ditanda tangani oleh semua perwakilan mahasiswa dari masing-masing perguruan tinggi.

Setelah penyampaian aspirasinya diterima oleh pimpinan DPRD Kabupaten Banyumas, para  pengunjuk rasa baru membubarkan diri untuk kembali ke kampusnya masing-masing.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00