• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

HUT KE 74 KAI, Gelar Sepeda Sante KAI100K dan Bagi Bagi Sembako

21 September
08:13 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purwokerto: Memperingati HUT ke-74, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Sabtu, (21/9/2019) mengadakan kegiatan bersepeda santai  KAI100K. Event bersepeda dengan prinsip Aman, Fun, Guyub, dan Sehat ini diadakan pada mulai pukul 06.00 WIB dengan titik start  dan finish di Kantor KAI Daop 5 Purwokerto.

"Penyelenggaraan KAI100K ini merupakan salah satu upaya KAI untuk menjadi lebih dekat dengan para pecinta sepeda, yang mana bagian dari pengguna jasa KA," ujar Direktur SDM dan Umum KAI R. Ruli Adi saat membuka kegiatan.

Event ini akan mengajak para peserta untuk menempuh rute sejauh 100 km,  merupakan rute ini terjauh dibandingkan dengan acara bersepeda serupa di antara BUMN-BUMN lain. Peserta  memulai perjalanannya dari Kantor KAI Daop 5 Purwokerto lalu bergerak ke arah stasiun Notog, Banyumas, Pajerukan, Purbalingga, dan berakhir kembali di Kantor Daop 5 Purwokerto.  

Sebanyak lebih 700 peserta yang terdiri dari komunitas sepeda di wilayah Banyumas, Purbalingga, Jogja, hingga Bandung maupun komunitas sepeda dari Kementerian BUMN, beberapa BUMN, serta pegawai KAI turut memeriahkan kegiatan ini. Untuk kelancaran jalannya acara, KAI  menyiapkan ambulans, mobil evakuasi, marshall profesional, serta petugas dari Kepolisian Polres Banyumas dan Polres Purbalingga yang mendampingi perjalanan para peserta KAI100K. 

Di Kantor Daop 5 Purwokerto, selain menghadirkan hiburan bagi para peserta yang baru saja menyelesaikan gowes, KAI membuka booth kuliner, layanan informasi produk dari KAI Group yakni PT Reska Multi Usaha, PT Railink, PT Kereta Commuter Indonesia, PT KA Pariwisata, PT KA Logistik, dan PT KA Properti Manajemen, serta booth informasi dari LinkAja!.

LinkAja! merupakan aplikasi pembayaran digital, karya dari Sinergi BUMN. Beragam kelebihan ditawarkan oleh aplikasi anak bangsa ini, termasuk dapat digunakan sebagi metode pembayaran berbagai layanan KAI, mulai dari KA Lokal, KA Jarak Jauh, hingga KRL Commuter Line. Penumpang / Masyarakat cukup menginstal aplikasi LinkAja! di smartphone, lalu melakukan registrasi dan top up saldo, kemudian dapat langsung melakukan transaksi dan dapatkan berbagai promo menarik dari LinkAja!.

Terpilihnya Purwokerto,  sebagai lokasi kegiatan KAI100K adalah sebagai bentuk promosi wisata wilayah Jawa Tengah. 

“Para peserta  bisa menikmati pemandangan alam seperti jembatan, sungai, hutan, bukit, dan lainnya saat menelusuri rute KAI100K. Diharapkan dengan adanya event ini, KAI mampu membantu industri pariwisata di Jawa Tengah, khususnya di wilayah Daop 5 Purwokerto," sambung Ruli.

Ruli menambahkan,  kesempatan ini juga dijadikan momen sosialisasi bahwa KAI sudah memfasilitasi pehobi sepeda dengan kemudahan dapat membawa sepedanya di KA. Sepeda yang diperbolehkan naik KA adalah sepeda lipat dengan berat maksimal 20 kg dan ukuran roda maksimal 22 inci.

“Sepeda jenis lainnya penumpang dapat menggunakan layanan angkutan barang menggunakan KA, salah satunya anak usaha KAI yaitu PT KA Logistik atau Kalog. Kalog menyediakan layanan pengiriman sepeda dengan berbagai tujuan di sepanjang Pulau Jawa dan Bali” ungkapnya.

Tak hanya bersepeda, KAI100K juga diisi dengan kegiatan CSR berupa pemberian paket sembako kepada para Tukang Becak di wilayah Purbalingga.  

Setiap tukang becak mendapatkan paket sembako senilai Rp100.000 yang berisi 5 kg Beras, 1 liter Minyak, 1 kg Gula, dan 1 kg Terigu. Total terdapat 600 paket sembako yang diserahkan oleh para peserta KAI100K secara cuma-cuma di Pendopo Purbalingga. Hadir pula pada kegiatan tersebut Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi

"Melalui  kegiatan ini, kami berharap agar masyarakat bisa secara langsung merasakan manfaat  kehadiran BUMN  disekitar mereka, salah satunya adalah KAI,” ujar Ruli saat menyerahkan bantuan.

Program BUMN Hadir untuk Negeri ini akan terus berkelanjutan untuk memberikan sumbangan nyata bagi masyarakat, mewujudkan peran dan kontribusi nyata BUMN dalam meningkatkan kesejahteraan serta pemberdayaan kondisi sosial yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. (spj)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00