• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

Fakultas Hukum Unsoed Sukses Gelar Dialog Wawasan Kebangsaan

20 September
17:28 2019
0 Votes (0)

KBRN,Purwokerto : Dalam rangka Dies Natalis ke 56 Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Fakultas Hukum menyelenggarakan Dialog Wawasan Kebangsaan mengangkat topik "Peningkatan Pemahaman Nilai-nilai Wawasan Kebangsaan" yang di gelar di Aula Justitia 3 Fakultas Hukum Jumat 20 September 2019.

Rektor Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Prof. Dr. Suwarto MS  mengapresiasi langkah Fakultas Hukum yang menyelenggarakan Dialog Wawasan Kebangsaan Tersebut. Menurutnya Dialog wawasan kebangsaan  merupakan salah satu  bentuk tugas dan kewajiban sebagai  civitas akademika di Perguruan Tinggi.  Tugas Perguruan Tinggi salah satunya adalah mendidik generasi muda khususnya mahasiswa yang nantinya akan mengambil alih tampuk pimpinan kebangsaan. Selain itu  kondisi negara kita yang begitu luas,dengan memiliki keanekaragaman suku ,budaya,bahasa  dan sebagainya harus disatukan menjadi satu kesatuan NKRI.

"Untuk itulah Perguruan Tinggi memiliki kewajiban untuk terus menanamkan wawasan kebangsaan, persatuan dan kesatuan kepada generasi muda khususnya mahasiswa" ujar Rektor saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi dialog  wawasan kebangsaan.

Prof Suwarto menambahkan sebenarnya banyak kegiatan yang sejauh ini sudah dilakukan pihaknya untuk menanamkan wawasan kebangsaan kepada mahasiswa mulai dari kegiatan penanaman nilai-nilai kebangsaan saat penerimaan mahasiswa baru, kemudian adanya mata kuliah jati diri Unsoed, Pancasila  dan sebagainya.

Sementara itu Sekjen MPR Dr. Ma'ruf Cahyono,S.H,M.H  yang didapuk sebagai Keynote Speaker dalam dialog tersebut mengatakan dialog wawasan kebangsaan ini penting bagi generasi muda khususnya kalangan mahasiswa, mengingat kondisi wawasan kebangsaan saat ini dalam tahap menghawatirkan. Untuk itu MPR menurut Dr. Ma'ruf akan terus melakukan upaya agar wawasan kebangsaan tersebut terus meresap dalam sanubari generasi muda Indonesia.

"Wawasan kebangsaan adalah cara pandang kita untuk meraih mimpi di Indonesia masa depan, untuk itu butuh cara efektif agar wawasan kebangsaan selalu meresap salam setiap sendi kehidupan generasi muda Indonesia", papar Dr. Ma'ruf Cahyono dihadapan peserta dialog wawasan kebangsaan, Jumat (20/09/2019).

Untuk itu Ma'ruf Cahyono berharap wawasan kebangsaan harus dipahami oleh seluruh elemen bangsa, cita-cita bangsa bisa terwujud jika sendi-sendi masyarakat paham akan wawasan kebangsaan karena hal tersebut merupakan alat orientasi untuk mewujudkan cita-cita bangsa.   

Dialog Wawasan Kebangsaan  ini diikuti oleh sekitar 300 peserta yang berasal dari kalangan dosen, akademisi,alumnus Fakultas Hukum, mahasiswa, ormas dan tamu undangan lainnya. Dialog tersebut menghadirkan keynote speaker Sekjen MPR RI  Dr. Ma'ruf Cahyono,S.H,M.H, serta 2 orang narasumber yakni Rektor Unsoed  periode 1997 - 2005  Prof. Drs. Rubijanto Misman dan Pemimpin Redaksi Koran Republika Nasihin Masha.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00