• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

Puncak HAORNAS 2019, Pemkab Banyumas Akan Luncurkan Kembali Senam Jadul

19 September
08:31 2019
1 Votes (1)

KBRN, Purwokerto: Puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke-36 tingkat Kabupaten Banyumas akan dipusatkan di GOR Satria Purwokerto, Jum’at (20/9) pagi.

Dalam puncak peringatan HAORNAS 2019 yang mengusung tema Ayo Olahraga Kapan Saja Dimana Saja itu, Pemkab Banyumas akan mengadakan kegiatan senam bersama dengan Bupati Banyumas dan Ibu Achmad Husein dan diikuti oleh kurang lebih 1.500 peserta dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan karyawannya sepuluh orang, serta siswa-siswi setiap sekolah mulai SMP, SMA dan SMK, kemudian jajaran paguyuban senam, Polres, Pemkab dan TNI.

Sekretaris penyelenggara HAORNAS 2019 Kabupaten Banymas Slamet Yulianto menjelaskan, di dalam kegiatan puncak HAORNAS tingkat Kabupaten tersebut, selain melakukan senam maumere bersama, juga akan diluncurkan senam jaman dulu (jadul) yang durasinya hanya empat setengah menit.

Ketika ditanya apa tujuan dari peluncuran kembali senam jadul itu, Slamet Yulianto mengungkapkan, senam yang dikenal pada tahun 1988 tersebut, tidak membutuhkan tempat yang luas untuk menggerakkan tubuh berolahraga.

“Karena senamnya tidak terlalu makan banyak tempat, hanya lingkungan satu ya 50 sentimenter itu sudah cukup menggerakkan itu. Beda dengan senam sekarang harus luas, tapi sudah mengena seluruh tubuh, mudah dan gampang dihafal”, terangnya kepada RRI di Purwokerto, Kamis (19/9).

Dia menyebutkan, dengan peluncuran kembali senam jadul itu, masyarakat diajak untuk berolahraga setiap harinya.

"Senam SKJ sudah mencakup semua gerakan sehingga masyarakat bisa melakukannya dengan mudah", ungkap Kepala Seksi Olahraga Rekreasi Dinporabudpar Banyumas itu.

Disamping kegiatan senam bersama dan peluncuran senam jadul kepada masyarakat, tambah Slamet Yulianto, olahraga Kempo juga akan ditampilkan dalam puncak HAORNAS 2019 tingkat Kabupaten tersebut

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00