• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

Agar Tak Tertinggal Negara Lain, Lulusan Unsoed Harus Bergerak Cepat Sikapi Perubahan Jaman

17 September
14:33 2019
1 Votes (1)

KBRN, Purwokerto: Kecepatan perubahan merupakan perabadan yang dirasakan saat ini. Sesuatu yang baru di hari kemarin, bisa jadi terlihat usang di ke esokan harinya. Sehingga apa yang terlihat dari perubahan luar biasa sekarang, bukan suatu kemustahilan ketika sesuatu menjadi hal yang biasa-biasa saja.

Kondisi itu menyebabkan manusia tidak dapat sekedar duduk manis serta tenang-tenang saja dalam menyikapi adanya perubahan cepat tersebut.

Rektor Unsoed Profesor Dr. Suwarto, MS mengungkapkan dengan berjalan cepat dan berlari saja, masih ada kemungkinan tertinggal, pasalnya di dunia luar, mereka berlari secepat angin.

Karena itu, lanjutnya, kepada para wisudawan yang baru saja menyelesaikan studinya di perguruan tinggi negeri tersebut, tidak boleh cepat berpuas diri dengan apa yang sudah diraihnya. Dan tidak mudah bangga dengan apa yang sudah didapatkannya.

”Saat kita kaya dengan ide dan gagasan perubahan, sangat mungkin mereka sudah merealisasikannya.  Saat kita merasa sudah menciptakan sesuatu yang  baru, di saat yang sama boleh jadi mereka sudah berkreasi dengan sesuatu yang lebih baru lagi,”, ujarnya dihadapan 1.923 wisudawan yang baru dikukuhkan di auditorium Graha Widyatama Unsoed Purwokerto, Selasa (17/9).

Dia menyebutkan, sudah menjadi tugas wisudawan yang sudah menikmati proses pembelajaran di perguruan tinggi, untuk menjadikan pengetahuan sebagai kekuatan.

Kekayaan ilmu akan menjadikan manusia selalu adaptif dengan perubahan, karena hakikat ilmu adalah menemukan kebaruan, dan kebaruan tersebut hakikatnya adalah memperantarai kualitas kehidupan manusia.

“Pertama, Bergerak Cepat,  karena tanpa kecepatan maka kita pastinya akan tertinggal, tidak akan pernah menjadi yang terdepan, apalagi mampu menjadi unggul dan berdaya saing. Kedua, Bergerak Cermat,  yakni senantiasa penuh perhitungan, memproyeksikan semua langkah dan mengantisipasi segala kemungkinan. Serta ketiga, Bergerak Manfaat, yang menjadikan setiap ide, gagasan dan buah karya kita, memiliki nilai kemanfaatan serta memberikan  nilai tambah, yakni memampukan setiap orang terdampak dan tergerak untuk juga melakukan kebaikan yang bermanfaat,” Profesor Dr. Suwarto, MS.

Rektor Unsoed juga mengajak para wisudawan untuk menjadi bagian dari perubahan tersebut, dengan mengambil peran menjadi yang terbaik  dan senantiasa amanah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00