• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

Pramuka Peduli Banyumas Gelar Bintek SAR

16 September
22:41 2019
0 Votes (0)

KBRN Banyumas : Dalam rangka antisipasi kejadian bencana dan aktivitas sosial lainnya, Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis SAR selama 3 (tiga) hari Jumat (13/9) hingga (15/9) yang dipusatkan di Desa Baseh Kecamatan Kedungbateng. Kegiatan dibuka oleh Wakil Ketua Pramuka Peduli Ari Pringgo Aji, S.Si. Kegiatan diikuti oleh 53 peserta yang berasal dari perwakilan Kwarran dan Gugus Depan di Wilayah Kwarcab Banyumas.

Wakil Ketua Pramuka Peduli Ari Pringgo Aji, S.Si. mengatakan materi yang diberikan meliputi Materi Komunikasi Radio dalam Kebencanaan oleh RAPI Banyumas, Manajemen Bencana oleh BPBD Kabupaten Banyumas, Pertolongan Pertama oleh Pramuka Peduli.

"Sedangkan untuk Praktek dibekali oleh Tagana Kabupaten Banyumas meliputi Praktek SAR Air, Rappeling, Survival, Berbivak dan Simulasi Bencana," katanya

Keseluruhan materi Teori dan Praktek diberikan kepada Peserta, dengan tujuan memberikan bekal ketrampilan pertolongan korban bencana ataupun musibah/kecelakaan yang biasa dilakukan oleh Pramuka Peduli dalam pelaksanaan tugas selama ini. Termasuk SOP Pramuka Peduli dalam bertugas, melaksanakan tugas hingga ke Pelaporan.

Ketua PRAMUKA Peduli Kwarcab Banyumas Ady Candra, S.IP mengaku bangga dengan keikutsertaan para peserta. Menurutnya dari 53 Peserta yang mengikuti, 2 (dua) orang dinyatakan Gugur sedangan 51 (lima puluh satu) orang lainnya dinyatakan lulus, dan kemudian dilantik menjadi Anggota Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRC - PB) Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas sebagai Pasukan yang siap untuk bergerak dan digerakkan dalam upaya pertolongan kejadian bencana, musibah/kecelakaan dan kegiatan sosial lainnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00