• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

KPU Banyumas Susun Peta Politik Hasil Pemilu 2019

16 September
19:54 2019
0 Votes (0)


KBRN, Purwokerto: Pasca selesai proses Pemilu 2019, KPU Kabupaten Banyumas melakukan kegiatan pengolahan data hasil pemilu. Satu keputusan membuat peta politik hasil legislatif DPRD Banyumas 2019.

Ketua KPU Banyumas, Imam Arif Setiadi mengatakan, peta politik pemilu 2019 berbeda dengan hasil pemilu 2014.

"Baru-baru ini kami merilis peta politik hasil pemilu legislatif Banyumas 2019. Peta ini dibuat berdasarkan persetujuan suara tertinggi parpol di setiap kecamatan dari dokumen DB1-KPU, "kata Imam Arif, Senin (16/9/2019).

Dari peta politik yang diketahui, PDIP menguasai 22 kecamatan. 22 kecamatan dalam peta berwarna merah yaitu Purwokerto Utara, Purwokerto Selatan, Purwokerto Timur, Purwokerto Barat, Patikraja, Baturraden, Sumbang, Kembaran, Sokaraja, Kalibagor, Banyumas, Somagede, Sumpiuh, Kebasen, Jatilawang, Wangon, Gumelar, Ajibarang, Pekuncen, Cilongok, Karanglewas, dan Kedungbanteng. 

Sisanya lima kecamatan milik empat partai lain. Keempatnya adalah Partai Golkar yang memenangkan suara terbanyak di Kecamatan Purwojati, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Lumbir, Partai Gerindra di Rawalo, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Kemranjen dan Tambak.

"Dibandingkan peta politik 2014 ada perbedaan karena perubahan partai pemenang di kecamatan. Perubahan 
di Kecamatan Lumbir, Purwojati, Rawalo, Kedungbanteng, Kemranjen dan Tambak, "kata Hanan Wiyoko, anggota KPU Banyumas.

Ia menambahkan, pada peta kebijakan 2014 untuk Kecamatan Lumbir yang menang Partai Golkar, dan sekarang ini PKS. Kecamatan Purwojati pada 2014 yang akan disambut PDIP menikmati Partai Golkar. Kecamatan Rawalo pada 2014 yang menang PAN kini Gerindra. Kemudian Kecamatan Kedungbanteng pada 2014 yang menang PKB kini menjadi PDIP. Untuk Kecamatan Kemranjen dan Tambak, pada 2014 lalu milik PDIP kini tinggal di milik PKB.

" faktornya berkat kinerja caleg yang berkompetisi dalam Pileg 2019 kemarin. Secara perseorangan di kecamatan-kecamatan tersebut ada yang menonjol atau menjadi basis massa sehingga bisa memberi warna, "kata Hanan.

Ia berharap dengan menyusun kebijakan pemilu tahun 2019 ini bisa menjadi tinjauan data untuk pihak berkepentingan. Selain menyusun peta politik yang sudah tersaji ini, KPU Banyumas juga sedang mengolah data hasil pemilu lainnya. (Hwo/spj)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00