• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

CILACAP

Bupati Cilacap, Apresiasi RRI Purwokerto Kembangkan Siaran Mitigasi Bencana di Wilayahnya

16 September
16:24 2019
1 Votes (5)

KBRN, Cilacap : Pemerintah Kabupaten Cilacap, mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh RRI Purwokerto, yang terus mensosialisasikan potensi kebencanaan yang ada di Kabupaten Cilacap. 

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, saat menyampaikan sambutan yang dibacakan oleh Kepala BPBD Cilacap Tri Komara Sidi, menyebut upaya mitigasi bencana di Cilacap oleh RRI. Akan memberikan dampak positif, warga Cilacap dalam penanganan dan juga menghadapi potensi bencana. 

Sebab wilayah Cilacap merupakan daerah di Jawa Tengah, dengan potensi terbanyak kebencanaan. Hanya tidak ada potensi bencana erupsi gunung api. 

Tatto dalam Peluncuraan program Kentongan Radio Tanggap Bencana di Universitas Nahdlatul Ulama Al- Ghazali ( Unugha) Cilacap, Senin (16/9/2019), mengucapkan terimakasih menjadikan Cilacap, sebagai perhatian utama Program Kentongan RRI Purwokerto.

“ Perlu diketahui bahwa saat ini pemahamaan yang diketahui oleh masyarkat, mengenai mitigasi masih kurang.Hal ini sebagai bagian upaya penangulangan bencana, sehingga menyebabkan kerentanan masyarakat dalam menghadapi bencana,” kata Bupati Cilacap dalam sambutannya yang dibacakan oleh Tri Komara Sidi. 

Sementara itu, Kepala RRI Purwokerto Ir. Arnetty mengatakan program siaran kentongan ini, merupakan upaya RRI dalam membangun masyarakat agar sadar bencana dan menghadapi bencana dengan benar. 

Dengan tujuan bencana alam bisa dihindari, jika bencana tidak bisa dihindari bisa dikurangi resiko dan korban. Sehingga perlu adanya kesadaran dan kecakapan masyarakat dalam mitigasi bencana. 

Untuk itu RRI baik melalui siaran, muali kegiatan off air untuk memperkuat sikap mitigasi bencana terutama di wilayah yang mempunyai potensi terjadi bencana alam.

“ Kita RRI sudah mendeklarasikan bahwa RRI sebagai radio tangguh bencana. Jadi program ini, sudah seharusnya dilaksanakan oleh kami semua. Karena masyarakat harus mendapatkan informasi, mengenai tanda- tanda bencana, upaya yang harus dilakukan dan lainya,”kata Arnetty.

Dalam peluncuraan program Kentongan RRI Purwokerto, ditandai dengan pemukulan kentong oleh Kepala BPBD Cilacap, PMI Cilacap, BMKG Cilacap, Wakil Rektor Unugha dan Kepala RRI Purwokerto. 

Program Kentongan di Unugha ini, diikuti oleh ratusan mahasiswa. Program Kentongan ini, merupakan kegiatan ke empat kalinya yang diselengarakan oleh RRI Purwokerto. 

Kegiatan pertama di laksanakan di SMPN 1 Cilacap, di Desa Ketengger Kecamatan Baturaden Banyumas, dan di Desa Serang Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga. (RA). 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00