• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

Kecamatan Rawalo Juarai Cipta Menu B2SA 2019

11 September
16:06 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banyumas: Kecamatan Rawalo menjadi Juara Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten, Rabu (11/9/2019) bertempat di Pendapa Sipanji Purwokerto. Lomba yang diprakarsai Dinas Pertnainan dan Ketahanan Pangan (Dinpertan KP) tersebut digelar dalam rangka festival pangan berbasis sumber daya lokal

Kepala Dinpertan KP, Widarso mengatakan Lomba Cipta Menu B2SA ini merupakan agenda tahunan kerja sama dengan TP PKK Kabupaten dengan peserta perwakilan dari masing-masing kecamatan dan merupakan lomba berjenjang hingga tingkat nasional. Lomba B2SA kali ini adalah susunan beraneka ragam makanan untuk makan pagi dan makan siang yang mengandung gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai kebutuhan tubuh serta aman untuk dikonsumsi. 

“Dalam menyusun menu B2SA perlu memperhatikan umur, jenis kelamin, aktifitas, berat badan dan keadaan psikologis serta menggunakan ukuran porsi, alat bantu ukuran rumah tangga (URT) dan daftar bahan penukar,” katanya

Widarso berharap kegiatan ini tidak sekedar lomba, tetapi dapat diimplemantasikan dalam kehidupan sehari-hari, mengingat banyak kasus kurang gizi maupun stunting tidak diakibatkan karena kurangnya makanan, tetapi akibat makanan yang tidak bergizi dan seimbang. 

”Kegiatan bertujuan untuk menciptakan menu yang beragam bergizi seimbang dan aman untuk mencukupi kebutuhan gizi masyarakat sesuai dengan kebutuhan ideal gizi yang dibutuhkan,” kata Widarso.

Widarso menambahkan bahwa pihaknya memilih juri dari berbagai golongan. Untuk Juri ada berbagai unsur antara lain Dinas Ketahanan Pangan Propinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten, Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Sudirman, Tim Penggerak PKK, dan Persatuan Chef Profesional Indonesia. Kriteria penilaian terdiri dari resep menu, keragaman dan keseimbangan antar kelompok pangan, kreatifitas, penampilan, higienis dan cara penyajian serta cita rasa.

“Hasil lengkap Cipta Menur B2SA 2019 adalah Kecamatan Rawalo menjadi Juara 1, diikuti Kecamatan Patikraja Juara 2 dan Juara 3 Kecamatan Kembaran. Sedangkan Juara Harapan 1 diraih oleh Kecamatan Sokaraja, sebagai Juara Harapan 2 Kecamatan Baturraden dan Juara Harapan 3 Kecamatan Sumbang,” kata Widarso

Septi peserta dari Kecamatan Rawalo mengaku bangga timnya menjadi yang Juara 1 dengan menampilkan menu makanan pagi, berupa bubur susi dalor kuah sucang, pelor goreng daun bayam, pepes ayam gulung, puding buah pepaya dan minuman susu. 

“Sedangkan untuk makan siang nasi balok umbi jala, dengan lauk ikan gurami panggang saus kuning, sayur gulung kukus suas urap dan es buah sari dengan kudapan serabi pisang kukus,” jelasnya

Camat Rawalo Kushartono, mengaku senang timnya meraih juara pada lomba kali ini. Dirinya sangat mendukung Rawalo agar menang lomba di tingkat propinsi dan bisa maju tingkat nasional. (spj)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00