• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

INFO MASYARAKAT

Santri Banjarnegara dan Pelajar Jepang, Saling Belajar Tradisi

11 September
07:14 2019
0 Votes (0)

KBRN,  Banjarnegara : para santri Pondok Modern Sabilurrosyad Muhammadiyah Banjarnegara yang berpusat di Wanadadi baru-baru ini mengikuti Kegiatan Tukar Budaya Jepang-Islam bersama Kanako Tome dari Hiroshima.

Kanako merupakan satu-satunya peserta didik SMA Takeda Higashi Hiroshima Jepang lolos menjalani Program Pertukaran Pelajar ke Indonesia selama satu bulan. Bertempat di Rumah Pintar Dr Tus di desa Tapen kecamatan Wanadadi.

Kanako memperkenalkan baju tradisional bangsa Jepang yakni Kimono dan Yukata serta memakaikannya kepada satu santriwati. Dalam upacara minum teh Jepang, semua santri berkesempatan mengikuti tata cara membuat, menghidangkan dan meminum teh sesuai dengan adat istiadat bangsa Jepang. 

Disusul kemudian, santri memperkenalkan Rukun Islam kepada Kanako dan sejumlah kegiatan bernuasa Islam di kalangan ummat muslim Indonesia, serta menampilkan pertunjukan musik Rebana.

Pimpinan Pondok, Arif Riyadi, sangat menghargai peran Rumah Pintar Dr Tus yang telah menjembatani pondoknya dengan Kanako Tome sehingga seluruh santri di tahun perdana berdirinya Pondok Modern Sabilurrosyad di Wanadadi bisa mempelajari budaya bangsa maju langsung dari insan berkebangsaan Jepang. 

“Dalam proses memakai baju kimono dan upacara menghidangkan serta meminum teh terdapat sejumlah nilai-nilai luhur yang menjadi salah satu cermin bangsa Jepang yang unggul. Seperti ketelitian, kesabaran, dan kelemah-lembutan disertai ketegasan atau kekuatan,” jelas Kanako berbahasa Inggris.

Sementara itu, Pimpinan Rumah Pintar Dr Tus, Dr Tuswadi yang berperan sebagai mediator Indonesia-Jepang dalam mendatangkan Kanako Tome ke SMA N 1 Sigaluh. Dengan sponsor penuh dari Kementrian Pendidikan Jepang, Kanako adalah bagian dari 800 peserta didik SLTA di Jepang yang lolos seleksi beasiswa Tobitate yang disebar ke berbagai negara untuk memperkenalkan Jepang. (Dr. Tus)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00