• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PURBALINGGA

Satu Bulan, Status Gunung Slamet Masih Waspada

10 September
15:58 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purbalingga : Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG), masih menentapkan status Gunung Slamet pada level II atau waspada. Sudah satu bulan ini, PVMBG menentapkan status tersebut. 

Pengamat Gunung Slamet Pos Gambuhan  Rusdi mengatakan , hingga hari Selasa (10/9/2019) status Gunung Slamet  masih waspada.  Disebabkan aktivitas kegempaaan, dan deformasi masih terpantau cenderung mengalami kenaikan. 

Meski kenaikan ini tidak terlalu siginifikan, selain itu hasil pemantuan pihaknya pada kawah di Gunung Slamet terpantau sebaran asap yang keluar dari kawah lebih merata dan menyebar. 

Kondisi ini naik secara signifikan, bila dibandingkan pada pantuan kawah tahun 2015. Aktivitas magma  hanya terlihat pada kawah utama.  Terkait dengan status kenaikan atau penurunan status Gunung Slamet, Rusdi menyatakan belum bisa menentukan.  

Hal ini berdasarkan pantuan pada aktivitas vulkanik di Gunung Slamet. Namun dirinya meminta kepada masyarakat agar mematuhi rekomendasi dari PVMBG, agar tidak beraktivitas sejauh 2 KM dari kawah Gunung Slamet.

“ Perbandingan kawah pada tahun 2015, dengan kawah pada tahun ini. Dulunya kawah berada di kawah utama, sekarang sudah hampir merata keseluruhan. Artinya panasnya semakin merata, berarti sumber magma dan gas semakin banyak,”kata Rusdi.

Rusdi saat memberikan sosialisasi Radio Tanguh Bencana di Balai Desa Serang Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga menambahkan, untuk memantau Gunung Slamet, yang berada di lima Kabupaten. Terdapat enam titik pemantuan dengan melibatkan peralatan diantaranya  seismograf , kamera, dan lainya. 

Hasil dari pemantuan di enam titik ini, akan dipelajari dan digunakan untuk mementukan status Gunung Slamet. (RA). 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00