• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

Pemerintah Banyumas,Target Partisipasi KB Capai 75 Persen

9 September
11:51 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banyumas : Pemerintah Kabupaten Banyumas, menargetkan tingkat partisipasi untuk mempergunakan alat kontrasepsi dalam keluarga berencana (KB) mencapai 75 persen. 

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdaayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Banyumas Taefur Arofat mengatakan dari 320 ribu pasangan usia subur di Banyumas, baru sekitar 70 persen baru mengikuti program KB, baik KB mandiri maupun KB yang diselengarakan oleh Pemerintah. 

Angka partisipasi 70 persen ini, dirasa masih kurang dari target partisipasi secara Nasional dan Jawa Tengah. Sehingga pihaknya dalam satu tahun ini menargetkan bisa meningkatkan hingga 5 persen. 

Untuk DPPKBP3A Banyumas, melakukan berbagai upaya diantaranya mengratiskan bagi masyarakat Banyumas, ketika memasang alat kontrasepsi di 10 rumah sakit di seluruh Banyumas. 

Selain itu, melakukan program KB masal,seperti yang dilakukan hari Senin (9/9/2019) di RS Ananda Purwokerto, yang mengandeng Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKBN) Jawa Tengah . Acara KB masal ini diikuti oleh sekitar 100 orang, dengan alat kontrasepsi jangka panjang.

“ Kita sudah ada kerjasama dengan 10 Faskes di Banyumas, kalau siapapun ikut KB di Faskes tersebut maka akan diberikan fasilitas gratis apapun bentuk dan jenis KBnya,”kata Taefur. 

Sementara itu, Direktur RS Ananda dr. Widayanto mengatakan program KB masal ini juga bagian dari Hari Ulang Tahun RS Ananda ke- 29. Selain itu, upaya mendukung Pemerintah dalam program pengendalian penduduk. Karena pada awalnya RS Ananda berdiri, juga menjadi lokasi favorit di Purwokerto untuk pemasangan alat kontrasepsi.

“ RS Ananda Purwokerto dulunya merupakan rumah sakit ibu dan anak, dimana dulu pelayanan pemasangan alat kontrasepsi adalah sebagai pelayanan dari RS Ananda,”kata dr. Widayanto.

Panitia menargetkan 150 orang peserta KB Gratis, sebelumnya mereka telah mendaftarkan diri ke RS Ananda Purwokerto. (RA). 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00