• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

IAIN Purwokerto Tuan Rumah Muswil FORMAHII Jateng dan DIY

6 September
15:11 2019
4 Votes (1.3)

KBRN, Purwokerto: Berakhirnya kepengurusan dewan pimpinan wilayah Jateng dan DIY, Forum Mahasiswa Hukum Islam Indonesia (FORMAHII) menyelenggarakan musyawarah wilayah (Muswil) di Purwokerto dari 6 sampai 8 September 2019.

Sebagai tuan rumah Muswil FORMAHII yaitu Himpunan Mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam (HMPSHKI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.

Saat membuka Muswil, mewakili pimpinan IAIN Purwokerto, Wakil Dekan 3 Fakultas Syari’ah, Bani Syarif Maula, M.Ag., LL.M mengatakan, FORMAHII sebagai bagian penting dari kegiatan mahasiswa IAIN Purwokerto, dan ajang melatih mahasiswa dalam berorganisasi, serta mengembangkan kemampuan diri atau soft skill.

Dan kalau bisa, lanjutnya, forum tersebut juga dapat menyuarakan  aspirasi masyarakat yaitu aspirasi yang menjunjung keadilan, dan aspirasi yang menjunjung kesetaraan warga negara Indonesia. 

”Jadi jangan sampai gerakan-gerakan mahasiswa itu ditunggangi oleh kepentingan-kepentingan kelompok, kepentingan-kepentingan pribadi untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak sesuai dengan semangat keadilan”, ungkapnya di auditorium IAIN Purwokerto, Jum'at (6/9/2019).

Dia berharap Formahii bisa menghasilkan suatu rekomendasi atau dukungan terhadap belum disahkannya RUU Hukum Pidana oleh DPR dan perubahan Undang-Undang nomor 1 tahun 1974 mengenai batas minimal usia menikah bagi laki-laki maupun perempuan.

”Mungkin Forum FORMAHII bisa memberikan rekomendasi dan dukungan pada isu-isu seperti itu, termasuk isu-isu perubahan undang-undang nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan khususnya berkaitan dengan penyamaan batas minimal menikah bagi laki-laki dan perempuan”, tandas Bani Syarif Maula.

Menanggapi sambutan Wadek 3 Fakultas Syari’ah IAIN Purwokerto itu, salah satu peserta Muswil asal IAIN Kudus, Khabib Sa'dun menjelaskan, FORMAHII bisa menyampaikan aspirasi masyarakat tidak hanya sebagai ajang silahturahmi semata.

”Semoga dari semua mahasiswa hukum keluarga Islam seperti FORMAHII bisa saling silahturahmi sama fakultas seluruh Indonesia, yang kedua bisa menambahkan tambah pendidikan untuk mahasiswa-mahasiswa dan untuk bisa menyalurkan aspirasi masyarakat”, terangnya.

Beberapa kegiatan  selama Muswil FORMAHII berlangsung diantaranya Presentasi Finalis Lomba Esai, Seminar, Kunjungan ke Agro Jamur Pabuaran dan Wisata ke Lokawisata Baturraden.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00