• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

415 Hektar Sawah Di Banyumas Alami Puso

23 August
16:57 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purwokerto: Akibat kekeringan di musim kemarau saat ini, ada sekitar 415 hektar tanaman padi mengalami puso di kabupaten Banyumas. 415 hektar itu tersebar di lima kecamatan yaitu Gumelar, Lumbir, Jatilawang, Purwojati, dan Rawalo yang sudah tidak dapat terselamatkan.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas Widarso mengatakan , beberapa daerah yang terdampak puso merupakan daerah yang tidak mempunyai sumber mata air.

Karena itu mengantisipasinya dengan bantuan pompa air. Sebelumnya lanjutnya, terdapat 1000 hektar dari 30.000 hektar luas tanaman padi yang terdampak puso.

"Kekeringan dulu totalnya ada sekitar 1000 hektare lebih tapi yang dari jumlah itu ada yang bisa diselematkan, dan yang tidak bisa diselematkan itu 415 hektaer soalnya tidak ada sumber airnya,"ungkapnya di Purwokerto, Jum'at (23/8/2019).

Menurut dia, pada musim kekeringan tahun ini, mayoritas petani padi tadah hujan masih mengira ada hujan saat musim kemarau seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Mayoritas petani masih mengira kalau akan ada hujan seperti tahun sebelumnya, makanya terjadi seperti ini, tapi paling kita nanti akan usulkan untuk mendapatkan bantuan benih yang akan diberikan kepada petani yang terdampak untuk ditanam dimusim penghujan”, tandas Widarso.

Selain dapat bantuan benih tambah Widarso, ada sebagian petani yang memiliki asuransi, dan mereka tinggal mengajukan klaim.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00