• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

CILACAP

Kelurahan Tambakreja, Cilacap Gelar Lomba Lingkugan Bersih dan Sehat

23 August
02:23 2019
0 Votes (0)

KBRN, Cilacap : Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan menyelenggarakan lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) antar RW.

Lomba dikaitkan dengan peringatan HUT ke-74 RI dilaksanakan selama 4 hari sejak Senin – Kamis (19 – 22/8/2019).

Ketua Lembaga Pembangunan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Tambakreja Agus Wahyudi selaku penyelenggara menjelaskan  lomba LBS sudah memasuki penyelenggaraan tahun ke-4 mempertandingkan antar RW yang menunjukkan salah satu RT sebagai peserta lomba.

“Lomba LBS sudah memasuki tahun keempat, ternyata direspon positif dan  berdampak baik, terutama pada sikap dan perilaku sehat dan bersih terhadap lingkungan permukiman” kata Agus.

Lebih lanjut teknis penilaian dilakukan dengan kunjungan ke lokasi RT sebagai perwakilan setiap RW oleh tim lomba bersama dewan juri.

“Setiap RW menunjuk RT terbaik sebagai peserta. Catatannya, RT terbaik yang sudah menjadi juara, tidak diikutkan lagi agar gerakan peduli lingkungan ini merata” ujarnya.

Diungkapkan penilaian meliputi beberapa aspek seperti penataan lingkungan permukiman, pengelolaan sampah dan pemanfaatan lahan kosong.

“Penataan lingkungan mencakup perilaku hidup bersih dan sehat, dan penghijauan di skala ruamh tangga. Sedangkan pengelolaan sampah meliputi pemisahan sampah organik dan non organik di tingkat rumah tangga, hingga penyelenggaraan bank sampah, serta pemanfaatan lahan kosong sebagai ruang publik untuk ruang kegiatan produktif, seperti penanaman tanaman obat maupun ruang olahraga agar tercipta kebersamaan menata lingkungan” terangnya.

Melalui kegiatan ini, imbuh Agus wilayah Kelurahan Tambakreja semakin mampu meminimalisir kekumuhan.

“Ini karena ada wilayah yang dilintasi sungai dan menjadi problem sampah. Harapannya sampah-sampah sungai bisa dikurangi dan permukiman tidak kumuh, asri terawat dan indah” ungkakp Agus.

Ditambahkan, penyelenggara akan mengambil 4 RW terbaik dari lomba ini yang akan mendapatkan hadiah uang pembinaan.

“Khusus juara pertama akan mendapatkan piala bergilir dari kelurahan” tandasnya.

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat, salah satunya disampaikan Suharko sebagai Ketua Kelompok Sadar (Pokdar) Kamtibmas RW 12.

“Kami tentu menyambut antusias kegiatan ini dengan persiapan semaksimal mungkin. Dampak positifnya warga di RT 4 sebagai perwakilan RW 12 terpacu hidup bersih dan sehat. Tentu perilaku ini diharapkan tidak hanya untuk keperluan lomba tapi bisa menjadi budaya sehari-hari” kata Suharko yang turut mengawal tim lomba bersama anggota Pokdar Kamtibmas.

  • Tentang Penulis

    Shandy Windu

    <p>KONTRIBUTOR BERITA DAERAH CILACAP</p><p> </p>

  • Tentang Editor

    Shandy Windu

    <p>KONTRIBUTOR BERITA DAERAH CILACAP</p><p> </p>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00