• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PURBALINGGA

Bangun Pracoyo, Juara III Pengawas SMP Berprestasi Tingkat Nasional

19 August
16:23 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purbalingga: Adalah Bangun Pracoyo atau yang akrab disapa Bangun berhasil meraih juara III pada lomba Pengawas SMP Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019. Bangun merupakan salah satu perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga.

Lomba Pengawas SMP Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019 sendiri diselenggarakan di Hotel Mercure Ancol dan Hotel Sahid mulai tanggal 12 hingga 18 Agustus 2019. Atas prestasi yang didapatkannya tersebut menjadi sebuah motivasi baginya dan juga rekan-rekannya agar terus melakukan tugas dengan sebaik mungkin.

Sebagai seorang pengawas SMP ia mengemban tugas untuk membimbing kepala sekolah dan guru agar bekerja secara profesional.  Selain itu, ia yang telah menjadi pengawas sejak 2015 juga memberikan pelatihan kepada kepala sekolah dan guru serta menilai dari kinerja guru dan kepala sekolah.

“Kami sebagai pengawas juga mempunyai tugas untuk memantau delapan standar nasional pendidikan,” kata Bangun saat dihubungi, Senin (19/8).

Menurutnya, selama ia menjadi pengawas, banyak guru dan kepala sekolah di Purbalingga yang terpaku pada zona nyaman. Kepala Sekolah dan guru tersebut tidak berupaya untuk menaikan level kapasitasnya lebih tinggi.

“Untuk menaikan levelnya ini diperlukan usaha yang lebih keras lagi, berkreasi dan berinovasi,” ujarnya.

Karena tidak ada upaya untuk menaikan levelnya menjadi lebih tinggi lagi maka berakibat tidak adanya keberanian untuk berkompetisi. Padahal dengan adanya kompetisi, tentunya para guru dan kepala sekolah ini bisa lebih terpacu untuk lebih baik lagi dan menciptakan pendidikan yang terbaik untuk murid-muridnya.

“Kalau tidak ada keberania kompetisi ya mereka hanya sebatas mengerjakan tugas pokok dan fungsinya saja,” terang Bangun.

Ia berpesan agar guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah khususnya untuk SMP bisa bersama-sama belajar menggali ilmu. Selain itu bisa berbagi pengalaman, berkreasi dan berinovasi untuk menaikan kapasitas level agar pendidikan khususnya di Purbalingga lebih maju lagi.

“Tentu kami akan selalu membimbing, memotivasi dan mendampingi guru dan kepala sekolah untuk berkinerja dengan baik, kami pun akan senantiasa membimbing agar mereka ikut berbgai perlombaan namun tentunya kinerja mereka harus maksimal dulu,” pungkanya. (spj)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00