• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

Bawaslu RI, Berikan Santunan Delapan Pengawas TPS di Banyumas

18 August
17:50 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banyumas : Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI memberikan santunan terhadap delapan anggota Pengawas TPS, di Kabupaten Banyumas yang mengalami kecelakaan,sakit dan keguguran saat menjalankan tugas pengawasan Pemilu Serentak 2019.

Penyerahan bantuan ini diberikan secara langsung oleh Ketua Bawaslu RI Abhan, di salah satu hotel berbintang di Kota Purwokerto Minggu (18/8/2019) sore.

Delapan anggota Pangawas TPS di Kabupaten Banyumas terdiri:  luka berat sebanyak 3 orang mendapatkan santunan Rp16,5 juta. Untuk luka sedang terdapat lima orang, mendapatkan santunan sebesar Rp8.250.000-

Abhan mengatakan santunan bagi petugas pengawas Pemilu, yang mengalami kondisi sakit atau luka, baru bisa dilakukan pada minggu ini. Dikarenakan harus dilakukan verifikasi, agar tidak salah sasaran, maupun orang yang seharusnya mendapatkan namun tidak mendapatkan bantuan. Besaran santunan ini, sesuai dengan keputusan Peraturan Menteri Keuangan.

Namun demikian bagi anggota Panwaslu yang meninggal, santunan sudah diberikan jauh- jauh hari. Dengan jumlah orang mencapai hampir seratus orang. Sedang yang mengalami luka atau sakit ini, jumlahnya mencapai ratusan orang.

Menurut Abhan, anggota pengawas ini yang mendapatkan santunan mengalami berbagai musibah,saat menjalankan pengawasan proses Pemilu 2019. Diantaranya kecelakaan lalu lintas, sakit akibat kelelahan dan juga keguguran.

" Proses  usulan dari Bawaslu Kabupaten atau Kota, kemudian kita lakukan verifikasi. Sehingga baru kali ini, santunan bisa diberikan. Jumlah santunan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan. Namun untuk yang meninggal, sudah kita berikan tidak lama dari pelaksanaan Pemilu Serentak 2019," kata Abhan.

Selain itu ditambahkan oleh Abhan, dalam proses Pemilu Serentak 2019, terdapat 20 orang anggota Pengawas mulai dari Kecamatan hingga TPS yang mengalami kekerasaan sebanyak 20 orang. Terkait kasus kekerasaan yang menimpa unsur pengawas Pemilu, sudah dilaporkan ke Polisi dan sudah disidangkan.

Sementara itu Pengawas TPS( PTPS), yang mendapatkan santunan akibat luka berat, yakni  : Emi Rohayati PTPS 02 Desa Sokawera Kidul Kecamatan Patikraja. Sulasmi PTPS 08 Desa Sirau Kecamatan Kemranjen, dan Supatmi PTPS 16 Desa Losari Kecamatan Rawolo. ( RA).





tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00